Kunjungan komisioner di Pemkot Probolinggo, Wakil Ketua KI Jatim ELIS YUSNIYAWATI bersama Sekda Kota Probolinggo NINIK IRA WIBAWATI dan Kadis Kominfo AMAN SURYAMAN

Pemkot Probolinggo Komit Melakukan Akselerasi Demi Pengembangan PPID

KI Jatim – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menyatakan komitmennya untuk memaksimalkan peran atau keberadaan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) baik di tingkat OPD hingga tingkat Kelurahan dan Badan Publik lain yang ada dilingkup Pemkot Probolinggo. Harapannya, dengan pelayanan PPID yang maksimal maka masyarakat dapat mudah memperoleh ataupun mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

“Kami akan segera menindaklanjuti sosialisasi pelatihan penyusunan daftar informasi publik serta uji konsekuensi untuk informasi yang dikecualikan ini. Kami akan meminta teman-teman di Kominfo untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu dilakukan dan dibutuhkan untuk memaksimalkan dan mengembangkan PPID Pelaksana, salah satunya dengan memperbaharui Perwali tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati M.QIH, saat menerima komisioner KI Prov Jatim di ruang kerjanya, Rabu (6/3/2024)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Informasi Prov Jatim, Elis Yusniyawati mengatakan, peran dan keberadaan PPID tidak hanya membutuhkan performa maksimal hanya saat ada Monitor dan Evaluasi (Monev) saja. PPID menjadi bagian paling vital disetiap Badan Publik sebab merupakan ujung tombak yang dapat mengawal  keterbukaan informasi publik.

“Sejauh ini keterbukaan informasi di Pemkot Probolinggo cukup bagus sebab mampu mempertahankan  predikat Informatif (KI Award 2023,red). Meski begitu, ada banyak yang mesti menjadi catatan dari Pemkot Probolinggo dalam upaya mengembangkan pelayanan informasi publik dengan segala tantangan yang ada. Prinsipnya, meraih (informatif) selalu lebih mudah dari pada mempertahankannya,” pungkasnya. (ris)