Home Tata Cara

Tata Cara

TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI

  1. Pemohon Informasi menyampaikan permohonan informasi kepada PPID melalui surat, fax, e-mail, telepon atau datang langsung ke tempat layanan PPID Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur;
  2. Pemohon Informasi mengisi Formulir Permohonan Informasi dan memberikan salinan identitas yang masih berlaku;
  3. Pemohon Informasi menerima tanda bukti permohonan informasi dari Petugas Informasi apabila syarat permohonan informasi telah dilengkapi;
  4. Dalam hal permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan.
  5. Dalam hal permintaan disampaikan melalui surat, pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman informasi.
  6. Paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, PPID Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur akan memberi tanggapan.


TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN

  1. PPID akan memberikan tanggapan paling lambat  10 (sepuluh) hari kerja. Jika memang dibutuhkan, PPID akan menyampaikan bahwa dibutuhkan waktu tambahan 7 (tujuh) hari tambahan) dengan alasan secara tertulis;
  2. Apabila tidak puas dengan informasi yang diterima, Pemohon Informasi dapat mengajukan keberatan kepada Atasan PPID dalam jangka waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak tanggapan permohonan informasi diterima atau tidak ditanggapinya permohonan informasi;
  3. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak keberatan diterima;
  4. Standar pengenaan biaya penggandaan dan pengiriman salinan informasi berupa hardfile dibebankan kepada Pemohon.

TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

  1. Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi dapat diajukan secara langsung (datang langsung), melalui permohonan secara tertulis (surat) dikirim melalui email atau surat tercatat dan secara online;
  2. Syarat Pengajuan Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi :
    1. Pemohon mengisi Form Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi yang telah disediakan petugas;
    2. Membawa bukti surat permohonan informasi kepada Badan Publik dan tanda terimanya;
    3. Membawa bukti jawaban permohonan informasi dari Badan Publik beserta tanda terimanya (jika ada);
    4. Membawa bukti pengajuan keberatan kepada Badan Publik dan tanda terimanya;
    5. Membawa bukti jawaban keberatan dari Badan Publik beserta tanda terimanya (jika ada);
    6. Membawa bukti identitas (jika individu maka dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk dan jika Badan Hukum dibuktikan dengan Anggaran Dasar yang telah mendapat pengesahan sebagai Badan Hukum dan bila dikuasakan dibuktikan dengan surat kuasa).

..