Berita Acara Pemilihan Pilkades Dikecualikan, Majelis Minta Uji Konsekuensi Lamongan Diperbaiki

0
40
views

Sidoarjo- KI Jatim menggelar sidang ajudikasi non litigasi secara vitual dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan sebagai Termohon Informasi dan Mulyadi sebagai Pemohon Informasi, Selasa (23/2).

Ridwan, kuasa Termohon, menyatakan dalam persidangan bahwa Berita Acara Pemungutan dan Perhitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara adalah dikecualikan.
Sebabnya, setiap tahapan pemilihan kepala desa ada berita acara yang dikeluarkan panitia pemilihan kepala desa dan merupakan satu kesatuan dr awal sampe akhir sampai dengan pelantikan kepala desa oleh Bupati.

“Berita acara ada dalam penguasaan kami, tetapi masuk dalam informasi yang dikecualikan, karena merupakan satu kesatuan setiap tahapan pemilihan kades sampai dengan outcomenya adalah dilantiknya kades oleh Bupati,” terang Ridwan.
Dengan dilantiknya Kades maka panitia pemilihan pun bubar, lanjutnya.
Apabila ada ketidakpuasan dari calon kades yang tidak terpilih, ada jalur lain yang telah diatur dalam peraturan bupati.
“Seharusnya calon kades yang tidak puas bisa menempuh usaha dan upaya jalur yang telah diatur dalam peraturan bupati tentang pemilihan kades,” kata Ridwan lagi.

Terkait form N1, N2, N4 dan N5 yang juga dimohon Mulyadi, Termohon menyatakan tidak dalam penguasaan dan tidak mengetahui ada dalam penguasaan siapa form tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan pada uji konsekuensi yang disampaikan Termohon, Anggota Majelis, Edi Purwanto, meminta agar ada beberapa perbaikan.
“Dalam uji konsekuensi, tidak tertulis konsekuensi yang ditimbulkan apabila informasi ini dibuka,” kata Edi dalam persidangan.
Juga belum dijelaskan secara rinci, Pasal 17 butir berapa pada UU KIP yang menjadi dasar pengecualian informasi.

Sedangkan untuk form N1, N2, N4 dan N5, Ketua Majelis, Elis Yusniyawati, meminta agar Termohon melakukan koordinasi sehingga mengetahui Badan Publik mana yang menguasai informasi tersebut.
Elis memberi waktu dua minggu bagi Termohon untuk melakukan koordinasi dan memperbaiki uji konsekuensi. (ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here