BPN Kota Mojokerto Kecualikan Informasi Warkah Tanah

0
25
views

Sidoarjo- Kantor Pertanahan Kota Mojokerto mengecualikan informasi mengenai data tanah yang dimohonkan Anas Fitri. Hal ini terungkap pada sidang ajudikasi non litigasi yang digelar KI Jatim secara virtual, Rabu (17/2).

Agus Junaidi, Penerima Kuasa Kantor Pertanahan Kota Mojokerto, menyampaikan informasi warkah dikecualikan menurut Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional.

“Sesuai Pasal 12 ayat (4) huruf i Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 dinyatakan bahwa Buku Tanah, Surat Ukur, dan warkahnya merupakan informasi yang dikecualikan,” terangnya dalam sidang.

Informasi tersebut hanya diberikan kepada instansi pemerintah dalam menjalankan tugasnya membutuhkan informasi dan bersifat kauistis, lanjut Agus.

Menanggapi hal ini, Kuasa Pemohon, yang dikuasakan pada Hendra Sasmita, menyanggah. Hal ini karena UUD 1945 Pasal 28 huruf F melindungi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi.

Untuk menguatkan pendapat, para pihak telah menyerahkan sejumlah alat bukti yang akan digunakan oleh Majelis untuk membuat putusan.
Sidang dengan agenda pemeriksaan awal sampai dengan pembuktian ini dipimpin Herma Retno Prabayanti didampingi Elis Yusniyawati dan A Nur Aminuddin sebagai Anggota Majelis. (ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here