PN Jember Tak Kuasai Informasi, Majelis Sidang KI Tolak Permohonan Rahmat Hendrawan

0
43
views

Surabaya – Majelis Komisi Informasi Prov Jatim (KI Jatim) menolak permohonan Rahmat Hendrawan (Pemohon) terhadap Pengadilan Negeri Jember Kelas I A (Termohon). Pertimbangannya, Termohon tidak menguasai informasi yang diinginkan Pemohon.

Ketua Majelis, Elis Yusniyawati, ditemui setelah memimpin sidang virtual dengan agenda pembacaan putusan, Kamis (11/2) mengatakan, putusan ini diambil dengan didasarkan berbagai pertimbangan hukum.
Dalam hal ini Majelis Komisioner mempertimbangkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut diantaranya, berkaitan dengan informasi salinan SHM No. 1959, sebagai salah satu dokumen syarat adanya Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Jember No. 04/Eks.Gr/2019/PN.Jmr, tanggal 27 Agustus 2019.
Termohon telah menyatakan bahwa informasi sebagaimana dimaksud tidak berada didalam penguasaanya (tidak dimiliki) dan yang dimiliki hanyalah Fotocopynya, dibuktikan dengan Surat Pernyataan (Bukti T – 11).

“Majelis berpendapat bahwa Termohon berhak untuk menolak memberikan informasi sebagaimana dimaksud,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, menimbang bahwa informasi yang dimohon oleh Pemohon yaitu tentang salinan SHM No. 1959, sebagai salah satu dokumen syarat adanya Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Jember No. 04/Eks.Gr/2019/PN.Jmr, tanggal 27 Agustus 2019 merupakan produk dari Kantor Agraria dan Tata Ruang/Kantor Pertanahan Kabupaten Jember sebagaimana yang disampaikan oleh Termohon.

“Majelis berpendapat bahwa permohonan Pemohon terhadap informasi tersebut adalah salah alamat (error in persona) dan tidak seharusnya ditujukan kepada Termohon,” terangnya.

Putusan ini diambil dalam Rapat Permusyawaratan Majelis Komisioner yaitu Elis Yusniyawati selaku Ketua merangkap Anggota, A Nur Aminuddin dan Edi Purwanto masing-masing sebagai Anggota, dengan didampingi Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti.(ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here