Tingkatkan Layanan Informasi, PPID Bawaslu Jatim Gandeng Komisi Informasi

0
34
views

Surabaya – PPID Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prov Jatim menggandeng Komisi Informasi (KI) Prov Jatim dalam meningkatkan pelayanan informasi.

“Banyak hal yang kurang paham terkait Standart pelayanan informasi, terutama pada jenis informasi yang diklasifikasi, yakni informasi setiap saat, informasi serta merta, informasi berkala dan informasi dikecualikan,” ujar Anggota KI Jatim, A Nur Aminuddin, di sela-sela acara menjadi nara sumber di Banwaslu Jatim, Senin (16/11).

Dia menuturkan, pada Bawaslu Jatim sudah diketahui kesesuaian monev dalam rangka memaksimalkan sistem PPID Banwaslu Jatim, untuk lebih mengutamakan layanan keterbukaan informasi di lingkup Bawaslu Jatim.

Aminuddin menilai Bawaslu Jatim saat ini sudah mempunyai sistem layanan informasi yaitu e-PPID. Tidak itu saja, Dalam waktu dekat akan segera membuat laporan tahunan sesuai ketentuan UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Bawaslu Jatim akan menindak lanjuti hasil koordinasi dengan Komisi Informasi Jatim yaitu meningkatkan layanan Informasi Jatim, merapikan jenis informasi publik dan menata SDM PPID di lingkungan Bawaslu Provinsi dan kab/kota se Jatim,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Humas Banwaslu Jatim, Nur Elya Anggraini mengatakan, pihaknya akan berupaya memperbaiki segala kekurangan pada pelayanan PPID. “Saat ini informasi di PPID disajikan melalui website, namun untuk informasi manual belum sepenuhnya ada,” ujarnya.

Mengenai jenis informasi yang dikualifikasi, katanya, pihaknya akan berupaya merapikan informasi sesuai dengan jenisnya. “Kami juga akan mengimbau kepada PPID Bawaslu Kab/kota merapikan informasinya sesuai dengan klasifikasinya,” terangnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here