Informasi Dikecualikan, MK Gelar Pemeriksaan Setempat di BPN Nganjuk

0
47
views

Ngajuk- Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) menggelar sidang ajudikasi non litigasi dengan agenda pemeriksaan setempat di Kantor Agraria Kabupaten Nganjuk (BPN Nganjuk) hari ini, Selasa (27/10).

Majelis Komisioner yang menangani kasus antara Oei Halim Wibisono sebagai Pemohon Informasi dan BPN Nganjuk sebagai Termohon Informasi memeriksa dokumen yang sebelumnya tidak bisa diberikan oleh Termohon.

Dalam sidang ajudikasi sebelumnya, Termohon mengatakan informasi yang dimohon Oei masuk dalam informasi yang dikecualikan. Hal ini karena Pemohon tidak memiliki hak atas informasi yang dimohon.
Sedangkan informasi yang dimohon adalah fotocopy Surat Hak Tanah Eigendom Verponding No. 667, S.h.t tgl 10-01-1941 NO. 1 & Surat Ukurnya, Buku & Warkah tanah Hak Guna Bangunan No. 15/Desa Mangundikaran ukur No. 5 tahun 1967 beserta Buku & warkah tanah Hak Pakai No. 00080 Surat Ukur No. 01312/Mangundikaran /2016, dengan disertai pemberian Cap Dinas Resmi dan dicukupi dengan kalimat penjelasan fotocopy sesuai degan aslinya.

Menurut keterangan BPN Nganjuk dalam sidang sebelumnya, informasi yang dimohon ada dalam penguasaannya, tetapi tidak bisa diberikan. Pemohon tidak mempunyai hak atas obyek tanah tersebut, lanjutnya.

Menindaklanjuti pernyataan Termohon, Majelis Komisioner yang terdiri dari Imadoeddin sebagai Ketua, Edi Purwanto dan A Nur Aminuddin sebagai Anggota Majelis, melakukan pemeriksaan dokumen di tempat Termohon.

Hal ini telah diatur dalam Pasal 56 Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik.

“Majelis dapat melakukan pemeriksaan setempat dengan memeriksa dokumen yang memuat informasi yang dikecualikan, tanpa kehadiran Pemohon,” jelas Imadoeddin.
Adapun hasil dari pemeriksaan dokumen, akan dijadikan dasar dalam pembuatan putusan, lanjutnya.(ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here