Bekali Wawasan Keterbukaan Informasi, KI Jatim Sosialisasikan SLIP Ke PPID Kab Malang

0
42
views

Malang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Malang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Layanan Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemerintah Kabupaten Malang. Pada rakor ini, menghadirkan dua narasumber yakni Wakil Ketua Komisi Informasi Prov Jatim Herma Prabayanti dan PPID Prov Jatim Agus Muhanan.

Sambutan Pjs Bupati Malang Sjaichul Ghulam yang dibacakan Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Aniswaty Aziz, pada acara Rapat Koordinasi Layanan Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemerintah Kabupaten Malang,di Hotel Sahid Montana Malang, Senin (26/10) mengatakan, melalui momentum ini dapat menjadi wadah koordinasi yang strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya dalam pengelolaan dan pelayanan informasi serta dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Arus globalisasi dan transisi reformatif yang bergulir hingga saat ini, telah membuka peluang sekaligus tantangan bagi perbaikan tata pemerintahan dan tata bernegara. Perubahan ini sekaligus mendorong pemerintah untuk memahami arti penting suatu kualitas pelayanan publik, serta pentingnya perbaikan mutu pelayanan publik.

Sebagai konsekuensinya, katanya, seluruh badan publik termasuk Perangkat Daerah hingga di tingkat kecamatan dan kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, memiliki beberapa kewajiban dalam hal menyampaikan informasi publik.

Lebih dari itu, melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat mencapai pemahaman yang baik mengenai mekanisme pelayanan permohonan informasi, pengajuan keberatan dan sengketa informasi.

“Melalui Rapat Koordinasi Layanan Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemerintah Kabupaten Malang, pelaksanaan kegiatan ini agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KI Prov Jatim Herma Prabayanti membekali Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) PerKI Nomor 1 Tahun 2010 kepada PPID utama dan pembantu di lingkungan Pemkab Malang.

“Mereka banyak hal yang kurang paham terkait SLIP dan hari ini Komisi Informasi mensosialisasi terkait SLIP, terkait standar layanan informasi publik PERKI 1 2010,” ujar Wakil Ketua KI Prov Jatim, Herma Prabayanti, ditemui usai acara Rakor PPID di Malang, Senin (26/10).

Selain itu, katanya, dirinya juga memberikan Penekanan kepada peserta agar PPID Pembantu di Kabupaten Malang bisa bersinergi dengan PPID Utama.

Itu dilakukan, katanya, Supaya keterbukaan informasi bisa terjalin dengan maksimal. “Peserta sangat antusias pada sesi tanya jawab, mereka banyak menanyakan banyak hal diantaranya SLIP dan sebagainya,” ujarnya.

Dari rakor ini, Herma menilai, Kendala rata-rata peserta adalah belum terlalu paham akan regulasi-regulasi, begitu ada sosialisasi akhirnya menjadi paham.

“Mereka sangat mendukung adanya keterbukaan informasi publik. Yang dikendalakan biasanya informasi-informasi yang dikecualikan, jadi beda jenis informasi, mereka banyak yang belum bisa membedakan apakah ini informasi berkala, serta marta, atau justru tersedia setiap saat,” pungkasnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here