KI Jatim: Keterbukaan Informasi Upaya Menuju Pilkada yang Akuntabel

0
39
views

Jember-Elis Yusniyawati, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) bidang Penyelesaian Sengketa, menyapa warga Jember melalui dialog interaktif radio hari ini, Sabtu (24/10). Dialog interaktif bertempat di Radio Soka yang beralamat di Jalan Singosari Kabupaten Jember.

Menurut wanita yang kerap dipanggil Elis, keterbukaan informasi sangat penting dalam penyelenggaraan Pilkada serentak.

“Keterbukaan informasi publik haruslah disadari penyelenggara (KPU), sebagai upaya melancarkan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun ini, ” kata Elis. Hal ini akan menjadikan Pilkada mudah diakses oleh publik, transparan dan akuntable, imbuhnya.

Bahwa konsistensi penyelenggara pemilu dalam penyediaan Informasi Publik sesuai dgn UU no 14 thn 2008 ttg keterbukaan Informasi Publik _jo_ PerKI Nomor 1 Tahun 2019 tentang standar layanan dan prosedur penyelesaian sengketa Informasi pemilu dan pemilihan, haruslah didasarkan pada tujuan mengoptimalisasi pemenuhan hak atas informasi pemilu dan pemilihan, imbuhnya.

Adapun area keterbukaan informasi yang dimaksud dalam pilkada yakni menyangkut regulasi, anggaran, kelembagaan, pelaksanaan tahapan dan hasil pemilihan, pungkasnya.

Achmad Susanto, Anggota KPU Jember Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, hadir juga berdialog menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi dalam pilkada.

Menurutnya, sesuai dengan amanat UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada bahwa keterbukaan menjadi salah satu asas penyelenggara pemilu.

“Atas dasar itu pula kami sebagai penyelenggara menyadari peran dan fungsi kami tidak hanya memastikan terselenggaranya pemilu yang baik namun juga transparan,” tutupnya.(ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here