Tidak Dalam Penguasaan Panitia Pilkades, Majelis Tolak Permohonan Akhmad Sari

0
21
views

Sidoarjo- Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) menggelar sidang ajudikasi non litigasi secara virtual hari ini, Kamis (15/10), dengan agenda pembacaan putusan. Sidang kali ini menyelesaikan permohonan sengketa antara Akhmad Sari sebagai Pemohon Informasi dan Panitia Penyelenggara Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Banyuwangi sebagai Termohon.

Majelis Komisioner menjatuhkan amar putusan menolak permohonan Pemohon. Dalam pertimbangan Majelis yang dibaca Ketua, Termohon dalam sidang menyatakan informasi yang dimohon bukan dalam penguasaan. Informasi berada dalam penguasaan pihak ketiga yang telah ditunjuk, menurut keterangan Termohon.

Majelis juga berpendapat, Termohon tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 22 ayat (7) UU No 14 tahun 2008. Sebab, Termohon tidak memberikan tanggapan tertulis atas permohonan informasi Pemohon. Hal ini menyebabkan terjadinya sengketa informasi di KI Jatim.

Diketahui, Akhmad mengajukan permohonan informasi berupa salinan lembar soal dan salinan lembar jawaban tes pilihan ganda calon Kepala Desa yang telah Pemohon kerjakan.

Pembacaan Putusan dipimpin oleh Edi Purwanto sebagai Ketua Majelis didampingi Imadoeddin dan Herma Retno Prabayanti sebagai Anggota Majelis. Para pihak juga nampak hadir dalam layar virtual. (ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here