Diduga Salah Prosedur, Oei Laporkan BPN Nganjuk

0
9
views

Surabaya –  Sidang pembuktian lanjutan antara Oei Halim Wibisono sebagai Pemohon dengan Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Nganjuk sebagai Termohon digelar pada hari Selasa (13/10). Sidang dilaksanakan secara virtual dengan dihadiri oleh masing-masing pihak.

Yudi Hermawan selaku Kuasa dari Termohon menjelaskan bahwa Eigendom Verponding yang diminta oleh Pemohon masih belum ditemukan. Termohon menyampaikan juga apabila nanti dokumen tersebut tetap tidak ditemukan maka akan dikuatkan dengan oleh Berita Acara.

Dalam sidang, Pemohon menduga ada kesalahan prosedur yang dilakukan oleh BPN. Yaitu, seharusnya ada proses ganti rugi terhadap bangunan yang berdiri diatas tanah Hak Pakai No. 00080. Ditegaskan lebih lanjut, bahwa dirinya melakukan permohonan informasi untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara.
Diketahui, permohonan informasi yang diajukan adalah Fotocopy Surat Hak Tanah Eigendom Verponding No. 667, S.h.t tgl 10-01-1941 NO. 1 & Surat Ukurnya, Buku & Warkah tanah Hak Guna Bangunan No. 15/Desa Mangundikaran ukur No. 5 tahun 1967 beserta Buku & warkah tanah Hak Pakai No. 00080 Surat Ukur No. 01312/Mangundikaran /2016, dengan disertai pemberian Cap Dinas Resmi dan dicukupi dengan kalimat penjelasan fotocopy sesuai degan aslinya.

Menanggapi pernyataan Pemohon, Termohon menjelaskan bahwa berkaitan dengan prosedur, Ombudsman telah melakukan pemeriksaan terhadap BPN Nganjuk.
Hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa Ombudsman tidak dapat menindak lanjuti laporan tersebut dikarenakan substansi laporan telah menjadi objek pemeriksaan pengadilan.
Lebih lanjut, Termohon menjelaskan kepada Majelis bahwa Termohon dapat menunjukan hasil pemeriksaan dari Ombudsman kepada Majelis apabila Majelis berkenan melakukan pemeriksaan setempat di BPN Nganjuk.

Terkait pemeriksaan setempat, Imadoeddin sebagai Ketua Majelis, didampingi Edi Purwanto dan A Nur Aminuddin, akan melakukan musyawarah lebih lanjut. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here