Hari Hak Untuk Tahu Internasional, Masyarakat Berharap Komisi Informasi Tetap Jaga Independen dan Profesional

0
67
views

Surabaya – Akses untuk tahu informasi adalah agenda internasional yang sudah lama digencarkan. Tepat, pada Hari ini Senin (28/9) telah diperingatinya sebagai Hari Hak Untuk Tahu Internasional. Tampaknya, banyak masyarakat, khususnya di Jatim berharap kepada lembaga Komisi Informasi (KI) Prov Jatim untuk tetap menjaga independen dan profesionalnya mengawal keterbukaan informasi.

Listia, Mahasiswa UNESA mengatakan, perayaan ini seharusnya bukan hanya sekedar formalitas belaka. Momentum ini sepatutnya digunakan untuk evaluasi bersama, apakah hak warga untuk tahu sudah terpenuhi dengan baik?

“Sebagai Mahasiswi di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, saya melihat bahwa Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur sebagai lembaga independen yang berwenang dalam menjalankan fungsi sesuai UU KIP patut berbangga diri.  Sebab, tak hanya menjalankan tupoksinya saja, KI mampu menjadi jembatan warga dalam memperoleh haknya tanpa mengurangi independensinya. Semoga KI tetap menjadi lembaga professional yang selalu bisa diandalkan. Bravo KI!,” ujarnya.

Senada dikatakan Meita, Warga Surabaya menuturkan, sebagai warga yang tinggal di Kota Surabaya dan sering bersinggungan dengan badan publik, merasa bahwa semua sangat membutuhkan akses informasi. Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur adalah lembaga yang mampu mewujudkannya.

Tanpa kerumitan administrasi atau proses yang berbelit, katanya, KI menjadi lembaga yang banyak dirasakan manfaatnya.
“Saya berharap supaya Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dapat terus menjaga independensinya. Professional dan semakin baik dalam pelayanan terhadap publik. Semoga lembaga lain juga dapat mencontoh profesionalitas KI dalam melayani publik. Maju Terus KI Jatim. Forza! ,” pungkasnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here