Putusan Sengketa Informasi Panitia Pemilihan Kades Serentak Banyuwangi, Tolak Permohonan Pemohon

0
27
views

Surabaya – Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur menggelar sidang putusan sengketa informasi secara daring. Wasito sebagai Pemohon Informasi merupakan warga Genteng, Banyuwangi. Duduk sebagai pihak Termohon adalah Panitia Penyelenggara Pilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Sidang digelar dengan agenda pembacaan putusan pada Kamis (17/9).

Sidang dipimpin Edi Purwanto sebagai Ketua Majelis didampingi Imadoeddin dan A. Nur Aminuddin sebagai Anggota Majelis. Amar putusan yang dibacakan oleh Edi adalah menolak permohonan Pemohon.

Diketahui, informasi yang dimohon Warsito adalah lembar salinan soal beserta jawaban ujian seleksi bakal calon kepala desa serentak di Kabupaten Banyuwangi. Informasi yang dimohon tidak masuk dalam penguasaan Termohon, menyebabkan Majelis menjatuhkan putusan tersebut.

Dalam sidang pembuktian sebelumnya, Termohon telah menyatakan bahwa badan publik yang menguasai informasi terkait ujian seleksi tersebut adalah LPPM Universitas Negeri Jember serta Universitas 17 Agustus Banyuwangi.

Pada akhir sidang, Edi menerangkan bahwa para pihak yang tidak menerima putusan KI bisa mengajukan gugatan ke pengadilan selambat-lambatnya empat belas hari kerja sejak diterimanya putusan. Hal ini sesuai dengan Pasal 47 dan 48 UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here