Dikabulkan Sebagian, Majelis Perintahkan BPN Nganjuk Perlihatkan Surat Hak Tanah Eigendom Verponding

0
128
views

Sidoarjo- Penyelesaian sengketa antara Oei Halim Wibisono sebagai Pemohon Informasi dan Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk sebagai Termohon Informasi berakhir dengan dibacakannya putusan melalui sidang ajudikasi virtual, Kamis (25/2).

Majelis Komisioner memutuskan mengabulkan permohonan Pemohon untuk sebagian. Serta memerintahkan Termohon memperlihatkan informasi yang dimohon Pemohon selambat-lambatnya 10 hari kerja sejak putusan berkekuatan hukum tetap.

Informasi yang dimohonkan adalah salinan Surat Hak Tanah Eigendom Verponding beserta surat ukurnya serta buku & warkah tanah Hak Guna Bangunan pada lahan yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk.

Setelah melalui rapat musyawarah yang dipimpin Imadoeddin, Majelis berpendapat Pemohon memiliki hubungan hukum terhadap obyek tanah yang dimohonkan. Sedangkan dasar pengecualian yang diberikan Termohon, menurut pendapat Majelis tidak diterangkan dengan jelas oleh Termohon.

“Informasi yang apabila dibuka akan mengganggu keperdataan hak pakai saat itu, Majelis berpendapat Termohon tidak memberikan penjelasan secara tepat,” kata Imadoeddin ditemui setelah sidang usai.
Apalagi saat ini hak pakai diberikan kepada Badan Publik yang memiliki kewajiban untuk memberikan informasi mengenai data perbendaharaan dan inventaris, lanjutnya.

Badan Publik memiliki hak untuk menolak memberikan informasi, sepanjang informasi tersebut masuk kategori dalam Pasal 6 ayat (3) UU KIP, terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua KI Jatim.

Menurut salah satu anggota Majelis, Edi Purwanto, apabila salah satu pihak keberatan atas putusan KI, bisa mengajukan keberatan kepada pengadilan yang berwenang, selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak diterimanya putusan. (ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here