Home Berita Berakhir Mediasi, Majelis Komisioner KI Jatim Minta Kedua Pihak Jalankan Kewajibannya

Berakhir Mediasi, Majelis Komisioner KI Jatim Minta Kedua Pihak Jalankan Kewajibannya

38
0

KI Jatim – Majelis Sidang Komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim meminta kepada kedua belah pihak, Moh Sidiq (Pemohon) dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jatim (Termohon) untuk menjalankan kewajibannya. Ini dikarenakan sengketa informasi diselesaikan di jalur mediasi.

“Memutuskan, memerintahkan Pemohon dan Termohon untuk menjalankan kewajibannya sebagaimana tertuang di dalam kesepakatan  a quo,” tegas Ketua Majelis Sidang Komisioner KI Jatim, A. Nur Aminuddin, saat mengetok palu diputuskan pada sidang, Rabu (7/12).

Putusan itu diberikan berdasarkan berbagai pertimbangan. Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur  telah menerima dan membaca kesepakatan Para Pihak.

Menimbang ketentuan Pasal 39 UU KIP yang menyatakan bahwa Putusan Komisi Informasi yang berasal dari kesepakatan melalui Mediasi bersifat final dan mengikat.  “Menimbang ketentuan Pasal 40 ayat (3) UU KIP menyatakan bahwa Kesepakatan para pihak dalam proses Mediasi dituangkan dalam bentuk putusan Mediasi Komisi Informasi,” ujarnya.

Selain itu, katanya, menimbang  Ketentuan Pasal  47 ayat (1) dan Ayat (2) Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik menyatakan bahwa Mediator menyerahkan kesepakatan mediasi kepada Majelis Komisioner yang menangani penyelesaian sengketa melalui Panitera untuk dikuatkan menjadi Putusan serta Kesepakatan mediasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dituangkan dalam bentuk Putusan Mediasi oleh Majelis Komisioner.

Demikian diputuskan dan dibacakan dalam sidang yang terbuka untuk umum pada Rabu, 7 Desember 2022 oleh Majelis Komisioner yaitu A. Nur Aminuddin selaku Ketua merangkap anggota, Edi Purwanto dan Herma Retno Prabayanti masing-masing  sebagai anggota, dengan didampingi oleh Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti. (ris)