Home Berita Ketua KI Jatim Imadoeddin : KI Award 2022, Potret Tingkat Kepatuhan Badan...

Ketua KI Jatim Imadoeddin : KI Award 2022, Potret Tingkat Kepatuhan Badan Publik di Jatim

118
0

KI Jatim – Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim Imadoeddin menyebutkan kegiatan KI Award ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan monitoring evaluasi yang dilakukan oleh KI Provinsi Jawa Timur. Selain itu, juga kegiatan tahunan yang biasa dilaksanakan oleh KI dalam rangka untuk memotret tingkat kepatuhan badan publik yang ada di Jawa Timur terhadap implementasi undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

“Dalam proses ini kami melaksanakan beberapa tahapan dimulai dari pemberian pengetahuan edukasi, pemahaman melalui bimbingan teknis tentang apa yang akan dilakukan proses penilaian oleh komisi informasi dan sebagainya,” ujarnya

Di keterbukaan informasi inilah, kata Imadoeddin,  posisi yang paling ditunggu-tunggu adalah posisi badan publik yang mendapatkan predikat informatif. Karena nilainya cukup tinggi dengan predikat informatif itu menunjukkan bahwa badan publik sudah cukup memenuhi kriteria dalam pelaksanaan keterbukaan informasi yang sesuai dengan UU keterbukaan informasi publik maupun PERKI yang telah diterbitkan oleh Komisi Informasi Pusat.

Menurut Imadoeddin meskipun ada badan publik yang mendapatkan predikat badan publik informatif, sejatinya hanya ada segelintir yang betul-betul paham dan betul-betul patuh terhadap implementasi keterbukaan informasi publik. “Karena mungkin tanpa bapak ibu sadari pada proses monitoring yang Komisi Informasi lakukan, kami juga tanpa pemberitahuan melakukan proses permohonan informasi ke masing-masing badan publik via email badan publik,” jelasnya.

Imadoeddin menyatakan penilaian tahun ini bersih dari kebocoran dibanding tahun lalu, dimana banyak badan publik kabupaten/kota yang berkonsultasi ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jawa Timur melalui Diskominfo Provinsi Jawa Timur. “Untuk tahun ini Alhamdulillah saya nyatakan sukses, karena hanya ada beberapa badan publik yang sejatinya cukup sensi kita datangi, tapi ketika kita akses informasinya ada yang menanggapi ala kadarnya, ada yang tidak menanggapi dan yang lebih hebatnya lagi OPD Pemprov Jawa Timur lebih banyak yang tidak menanggapi permohonan informasi yang kami lakukan,” tuturnya.

Imadoeddin menyampaikan pesan kepada semua badan publik untuk lebih serius lagi meskipun diakuinya terdapat nama-nama asing yang mengajukan permohonan informasi itu adalah tim penilai monev kepada badan publik adalah Komisi Informasi Jawa Timur.

Masih menurut Imadoeddin, bahwa badan publik yang berpredikat badan publik informatif terbaik yang memiliki nilai di atas 90 ditemukan hanya patuh ketika akan dilakukan penilaian, tetapi badan publik itu tidak begitu patuh ketika ada masyarakat yang mengajukan permohonan informasi. “Terbukti dari yang sudah kami lakukan mayoritas tidak menanggapi permohonan informasi publik tersebut,” jelasnya.

Temuan lainnya adalah ketika ada badan publik yang pada proses penilaian itu membuka informasinya termasuk di websitenya dapat diakses oleh tim penilai monev Komisi Informasi Jawa Timur, tetapi ketika proses penilaian sudah dianggap selesai, tim melakukan akses melalui websitenya dari kantor Komisi Informasi Jawa Timur tidak bisa diakses lagi.

“Sehingga badan publik manapun yang nantinya mendapatkan penghargaan baik itu badan publik informatif maupun layanan lainnya, diharapkan betul-betul menjaga komitmen ini adalah bagian dari pertanggungjawaban sebagai badan publik dalam melaksanakan amanah UU sekaligus menjadikan keterbukaan informasi publik sebagai kebutuhan bagi badan publik. Oleh karena itu, kedepannya kita tidak perlu lagi untuk mendorong-dorong badan publik terbuka tetapi atas kesadarannya badan publik akan senantiasa memberikan kepatuhan ketentuan-ketentuan tersebut,” harapnya. .

Sebagai informasi, beberapa penghargaan juga diumumkan diantaranya untuk Kategori Badan Publik permohonan informasi atau misterius guest :

Kategori Bawaslu Kab/Kota diraih Bawaslu Kabupaten Kediri, Kategori KPU Kab/Kota diraih KPU Kabupaten Sumenep, Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih Bawaslu Prov Jatim. Kategori OPD Pemprov Jatim diraih Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, Kategori Pemkab atau Pemkot diraih Pemerintah Kota Madiun. Kategori badan publik pengelola dan pendokumentasi terbaik :

Kategori Bawaslu kab atau kota diraih Bawaslu Kota Pasuruan. Kategori KPU Kab atau kota diraih KPU Kabupaten Magetan. Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih Bawaslu Prov Jatim Kategori pemerintahan desa di Jawa Timur diraih desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo Kategori OPD Jatim diraih Dinas Kesehatan Prov Jatim.

Kategori Pemkab atau Pemkot diraih Pemerintah Kota Mojokerto Kategori badan publik penyedia informasi terbaik: Kategori Bawaslu kab/kota diraih Bawaslu Kabupaten Situbondo, Kategori KPU Kab/kota diraih KPU Kota Madiun, Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih Bawaslu Prov Jatim, Kategori Pemerintah desa di Jawa Timur diraih desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo dan Kategori OPD Prov Jatim diraih Dinas Kesehatan Prov Jatim,

Kategori Pemkab/Pemkot diraih Kabupaten Pamekasan, Kategori badan publik penyedia informasi terbaik: Kategori Bawaslu kab/kota diraih Bawaslu Kabupaten Situbondo.Kategori KPU kab/kota diraih KPU kota Madiun, Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih Bawaslu Prof Jatim, Kategori Pemerintah desa di Jawa Timur diraih desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo,Kategori OPD Prov Jatim diraih Dinas Kesehatan Prov Jatim, Kategori Pemkab atau Pemkab diraih Pemerintah Kabupaten Pamekasan

 

Kategori badan publik mengumumkan informasi terbaik:

Kategori Bawaslu Kab/Kota diraih Bawaslu Kota Malang, Kategori KPU Kab Kota KPU diraih Kabupaten Magetan, Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih KPU Prov Jatim, Kategori Pemerintah desa di Jawa Timur diraih Desa Grogol ke Kabupaten Ponorogo, Kategori OPD Pemprov Jatim diraih RS Dr Saiful Anwar Malang dan Kategori Pemkab atau Pemkot diraih Pemerintah Kota Mojokerto.

 

Kategori badan publik informatif:

Kategori Bawaslu Kab/Kota Bawaslu Kabupaten Madiun, Bawaslu kabupaten Malang, Bawaslu Kabupaten Ngawi, Bawaslu Kabupaten Bangkalan, Bawaslu Kota Pasuruan, Bawaslu Kota Madiun, Bawaslu Kabupaten Situbondo, Bawaslu Kabupaten Mojokerto Bawaslu Kabupaten Tuban

 

Kategori KPU Kab/kota:

KPU Kabupaten Jombang, KPU Kabupaten Sumenep, dan KPU Kabupaten Magetan, serta Kategori instansi vertikal di Jawa Timur diraih Bawaslu Jatim, Kategori Pemerintah desa di Jawa Timur diraih desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo.

Kategori OPD Pemprov Jatim: Dinas Kominfo Prov Jatim, Dinas Kesehatan Prov Jatim, RSUD Saiful Anwar Malang, RSUD Dr Soedono Madiun.

Kategori Pemkab/Pemkot Pemerintah Kota Madiun Pemerintah Kabupaten Lumajang Pemerintah Kabupaten Pacitan pemerintah Kota Mojokerto Pemerintah Kabupaten Pamekasan pemerintah kota Malang Pemerintah Kabupaten Situbondo, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pemerintah Kota Probolinggo, danPemerintah kabuoaten Ponorogo. (ris)