Home Berita Bangun Kepercayaan Terhadap Pemerintah, Plt Gubernur Jatim Emil Apresiasi KI Award 2022

Bangun Kepercayaan Terhadap Pemerintah, Plt Gubernur Jatim Emil Apresiasi KI Award 2022

77
0

KI Jatim – Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi penuh penyelenggaraan Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Award Jatim 2022, yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Novotel Samator Surabaya pada Rabu (30/11) malam. Dengan adanya ajang penghargaan tahunan yang fokus pada apreasiasi terhadap kesadaran akan pentingnya pemberian informasi menjadi salah satu upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya.

“Semua ini akan memacu semangat dari semua instasi untuk lebih menjadi mudah diakses oleh publik dalam hal informasi,” ungkap Emil Dardak yang juga menjabat sebagai Wagub Jatim.

Kemudahan mengakses informasi bagi publik, disebutnya sebagai sebuah modal kepercayaan dan transparansi yang akan membuat semua pihak bersama-sama mengawal pemerintahan yang amanah dan akuntabel.

Oleh karena itu, Wagub Emil berharap ajang ini juga dapat memberikan motivasi Badan Publik mulai dari level provinsi hingga Kab/Kota untuk terus berbenag dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yang sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Pasalnya, Keterbukaan Informasi menjadi penting untuk mewujudkan Good Governance dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan Jatim CETTAR (Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparansi, Akuntabel dan Responsif). “Tujuannya adalah mendorong keterbukaan informasi selain membangun sebuah sistem tetapi juga semangat. Semua harus satu visi akan pentingnya penyebaran informasi. Supaya kita bisa menjadi pemerintah yang bisa dipercaya atau open goverment. Kata kuncinya kita bukanlah hanya menyediakan informasinya tetapi juga kemudahan akses bagi mereka (masyarakat) untuk menjangkaunya,” imbuhnya.

Di akhir, dirinya menyampaikan selamat sekaligus terima kasih atas seluruh kerja keras badan publik yang mendapatkan penghargaan pada KI Award Jatim 2022. Dirinya berharap agar tahun-tahun ke depan bisa semakin maju dan sukses dalam mewujudkan keterbukaan layanan informasi bagi seluruh masyarakat Jawa Timur.

“Kami sangat mengapresiasi Komisi Informasi Jawa Timur menyelenggarakan Malam Penganugerahan keterbukaan Informasi untuk badan badan publik dari pemerintah Kab/Kota, dinas-dinas pemerintah provinsi, KPU dan Bawaslu, bahkan Rumah Sakit. Diharapkan ini memicu semangat kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi Komisi Informasi Pusat Rospita Vici Paulyn, Ketua Komisi Informasi Jatim Imadoeddin, Ketua Bawaslu Jatim Warits, jajaran Kepala Daerah dan Kepala OPD Pemprov Jatim. (ris)