Home Berita Batas Waktu Pengajuan Tak Terpenuhi, Majelis Tolak Permohonan Sodiq

Batas Waktu Pengajuan Tak Terpenuhi, Majelis Tolak Permohonan Sodiq

13
0

Surabaya – Majelis Komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim menolak permohonan Sodiq (Pemohon). Hal itu didasarkan pada batas waktu pengajuan permohonan informasi tidak terpenuhi.

Ketua Majelis Komisioner KI Jatim, Imadoeddin, saat memimpin sidang virtual di kantor KI Jatim, Kamis (28/4) mengatakan, majelis Komisioner berpendapat bahwa batas waktu pengajuan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik yang diajukan oleh Pemohon tidak terpenuhi.

Dia menjelaskan, Pemohon dalam mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik ke Komisi Informasi harus sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 5 dan pasal 13 PerKI no. 1 tahun 2013, yang pada pokoknya mengatur bahwa Pemohon seharusnya mengajukan upaya permohonan penyelesaian sengketa informasi publik kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak adanya tanggapan dari atasan PPID yang tidak memuaskan Pemohon atau karena telah berakhirnya jangka waktu 30 hari kerja untuk atasan PPID dalam memberikan tanggapan tertulis kepada Pemohon.

“Majelis berpendapat bahwa Pemohon dalam mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik ke Komisi Informasi tidak sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam PerKI no. 1 tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik,” terangnya.

Pertimbangan lainnya, katanya, bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 36 ayat (2) Perki No. 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang menyatakan bahwa Majelis Komisioner dapat menjatuhkan putusan sela untuk menerima atau menolak permohonan dalam hal permohonan tidak memenuhi salah satu ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1).

“Majelis berpendapat bahwa cukup menjadi alasan bagi Majelis untuk menolak Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang diajukan oleh Pemohon,” tegasnya.

Putusan ini melalui Rapat Permusyawaratan Majelis Komisioner Imadoeddin selaku Ketua merangkap Anggota, Herma Retno Prabayanti dan Elis Yusniyawati dengan didampingi oleh Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti. (ris/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here