Home Berita Informasi Dikecualikan, Majelis Komisioner Minta Pemdes Balongbendo Sidoarjo Buat Uji Konsekuensi

Informasi Dikecualikan, Majelis Komisioner Minta Pemdes Balongbendo Sidoarjo Buat Uji Konsekuensi

169
0

Surabaya – Majelis Komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim meminta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Balongbendo Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo (Termohon) untuk membuat uji konsekuensi. Itu dilakukan karena informasi yang dimohonkan oleh DRA Maisun SH MH (Pemohon) bersifat dikecualikan

Ketua Majelis Komisioner KI Jatim, Elis Yusniyawati, saat memimpin sidang virtual, Selasa (26/4) mengatakan, informasi yang dikecualikan itu riwayat tanah maka berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik maka merujuk pada pasal 17 jika informasi itu dinyatakan dikecualikan harus membuat uji Konsekuensi.

“Artinya apa, dalam hal ini Termohon harus membuat uji konsekuensi. Jadi ada pertimbangan, ada dasar hukumnya yang menyebutkan itu dikecualikan dan pertimbangannya jika dibuka itu kenapa? Jika ditutup bagaimana. Jadi Termohon, dalam hal ini pemerintahan desa Balongbendo Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo harus membuat uji konsekuensi,” ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, uji konsekuensi harus ada penetapannya. Jadi mengecualikan informasi itu harus ada pertimbangan hukumnya.

“Memproses pengujian konsekuensinya ada penetapan, ada lembar-lembar pengujian konsekuensi itu segera dilakukan. Begitu Kecamatan memang tidak bisa mengakomodir, bisa berkoordinasi dengan Kabupaten PPID Kabupaten atau langsung berkonsultasi dengan kami melalui tugas panitera,” imbaunya. (ris)