Home Berita Sengketa Informasi Puji Samtoyo dengan Pemkab Mojokerto Berakhir Mediasi

Sengketa Informasi Puji Samtoyo dengan Pemkab Mojokerto Berakhir Mediasi

33
0

Surabaya – Sengketa informasi antara Puji Samtoyo (Pemohon) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto (Termohon) pada akhirnya berakhir di jalur mediasi.

Ketua Majelis Komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim, A Nur Aminuddin, saat memimpin sidang virtual, Kamis (21/4) kemarin menegaskan, kepada keduapihak untuk menjalankan apa yang sudah disepkati pada mediasi tersebut.
“Memutuskan, memerintahkan Pemohon dan Termohon untuk menjalankan kewajibannya sebagaimana tertuang di dalam kesepakatan a quo,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa kesepakatan telah dibuat secara tertulis dan telah dibacakan dihadapan Para Pihak oleh Mediator dan Para Pihak menyatakan menyetujui seluruh kesepakatan tersebut. Dalam hal ini, Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur telah menerima dan membaca kesepakatan Para Pihak.

“Menimbang ketentuan Pasal 39 UU KIP yang menyatakan bahwa Putusan Komisi Informasi yang berasal dari kesepakatan melalui Mediasi bersifat final dan mengikat. Menimbang ketentuan Pasal 40 ayat (3) UU KIP menyatakan bahwa Kesepakatan para pihak dalam proses Mediasi dituangkan dalam bentuk putusan Mediasi Komisi Informasi,” terangnya.

Selain itu, dia menambahkan, Ketentuan Pasal 47 ayat (1) dan Ayat (2) Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik menyatakan bahwa Mediator menyerahkan kesepakatan mediasi kepada Majelis Komisioner yang menangani penyelesaian sengketa melalui Panitera untuk dikuatkan menjadi Putusan. “Kesepakatan mediasi dalam bentuk Putusan Mediasi oleh Majelis Komisioner,” pungkasnya.

Putusan ini dibacakan dalam sidang yang terbuka untuk umum pada hari Kamis, tanggal 21 April 2022 oleh Majelis Komisioner yaitu A. Nur Aminuddin selaku Ketua merangkap anggota, Imadoeddin dan Herma Retno Prabayanti masing-masing sebagai anggota, dengan didampingi oleh Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here