Home Berita Batas Waktu Pengajuan Tak Terpenuhi, Majelis Sidang KI Jatim Tolak PSI Sawung

Batas Waktu Pengajuan Tak Terpenuhi, Majelis Sidang KI Jatim Tolak PSI Sawung

19
0

Surabaya – Majelis Komisioner Komisi Informasi (KI) Prov Jatim menolak permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Sawung Aries Prabowo (Pemohon) terhadap Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek (Termohon).
Ini dikarenakan batas waktu pengajuan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik yang diajukan oleh Pemohon tidak terpenuhi.

Ketua Majelis Herma Retno Prabayanti pada persidangan virtual, Kamis (13/1) mengatakan ketentuan Pasal 36 ayat (2) Perki No. 1 Tahun 2013 menyatakan Majelis Komisioner dapat menjatuhkan putusan sela untuk menerima atau menolak permohonan dalam hal permohonan tidak memenuhi salah satu ketentuan. Dalam hal ini pengajuan sengketa Pemohon kadaluarsa.

Herma mengatakan, Pemohon seharusnya mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik maksimal 14 (empat belas) hari kerja sejak berakhirnya jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja untuk Termohon dalam memberikan tanggapan tertulis. Yaitu maksimal pada tanggal 28 September 2021.
Tetapi Pemohon baru mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik melalui formulir yang bertanggal 06 Desember 2021 yang diterima dan terdaftar di Kepaniteraan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur pada tanggal 09 Desember 2021.

Demikian diputuskan dalam Rapat Permusyawaratan Majelis Komisioner yaitu Herma Retno Prabayanti selaku Ketua merangkap Anggota, Elis Yusniyawati dan A. Nur Aminuddin masing-masing sebagai Anggota. Diucapkan dalam Sidang terbuka untuk umum pada hari Kamis tanggal 13 Januari 2022 oleh Majelis Komisioner dengan didampingi oleh Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here