Home Berita Komisi I DPRD Prov Bali Belajar Ilmu Ke Komisi Informasi Prov Jatim

Komisi I DPRD Prov Bali Belajar Ilmu Ke Komisi Informasi Prov Jatim

298
0

Surabaya – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov Bali belajar ilmu kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) terkait peranan Komisi Informasi dalam transparansi informasi serta hal lainnya yang menyangkut komisi I.

“Kita kunjungan ke KI Jatim karena mempunyai kelebihan, baik kegiatan, program dan lain sebagainya. Selain itu, salah satu yang dimiliki oleh Jatim dari segi staf (panitera), ada tata cara beracara (sidang), penyelesaian sengketa,” ujar Ketua rombongan yang juga menjabat Ketua Komisi I DPRD Bali I Nyoman Adnyana, ditemui usai kunjungan silahturahmi ke Komisi Informasi Jatim, Kamis (10/12).

Dia menuturkan, meski KI Prov Jatim mempunyai banyak kasus sengketa informasi publik yang diterima, tampaknya semuanya bisa diselesaikan dengan baik. “Banyak sengketa informasi yang diterima KI Jatim, tapi itu semua bisa diselesaikan, itu kelebihannya (KI Jatim),” terangnya.

Tidak itu saja, tambahnya, di Jatim sudah banyak terbentuk KI daerah, sebaliknya di Prov Bali belum ada daerah yang membentuk KI. “Nanti kita akan adopsi kelebihan yang ada di KI Jatim,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KI Jatim, Imadoeddin mengatakan, pihaknya mengapresiasi Komisi I DPRD Prov Bali yang berkunjung ke KI Jatim. “Kami berterimakasih kepada DPRD Prov Bali yang bekunjung ke KI Jatim guna mengetahui tentang keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Selain itu, Imadoeddin menuturkan, pihaknya juga menyampaikan kepada DPRD Bali bahwa meski dengan keterbatasan SDM, pihaknya juga mengupayakan menyelesaikan jumlah sengketa informasi yang masuk di KI Jatim.

“DPRD Bali kagum dan salut apa yang dilakukan KI Prov Jatim, terutama menyelesaikan sengketa informasi yang mencapai ratusan, berbeda dengan di Bali yang jumlahnya tidak terlalu banyak,” pungkasnya. (ris)