Home Berita Tak Kuasai Informasi, Panpel Pilkades Banyuwangi Arahkan Ke LPPM Universitas Jember

Tak Kuasai Informasi, Panpel Pilkades Banyuwangi Arahkan Ke LPPM Universitas Jember

166
0

Surabaya – Sidang virtual antara Yayuk Mujiwati (Pemohon) dengan Panitia Penyelenggara Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Banyuwangi (Termohon) mulai menemui titik terang pada agenda pembuktian memasuki sidang ketiga. Sebab, Termohon mengaku informasi yang diinginkan pemohon tidak dikuasainya.

Termohon hadir dikuasakan kepada H. Much. Fahim, H. Oesnawi dan Rahmat Yudi Permana dari Kantor Advokat Oesnawi SH dan Rekan yang beralamat di Kabupaten Jember.

“Apakah menjadi penguasaan Termohon? Jika tidak, Badan Publik mana yang menguasai informasi tersebut,” ujar Ketua Majelis Sidang, Imadoeddin, disela-sela memberikan pertanyaan kepada Termohon pada sidang virtual, Kamis (22/10).

Menjawab Ketua Majelis, Termohon mengatakan dengan lugas bahwa informasi yang diinginkan oleh Pemohon yakni salinan lembar soal dan jawaban pilkades serentak di Banyuwangi itu merupakan penguasaan tim teknis yakni LPPM Universitas Jember. “Informasi tidak dalam penguasaan kami, tapi dari tim teknis yakni LPPM Universitas Jember,” terangnya.

Penjelasan dari Termohon ini diragukan oleh Pemohon karena dinilai tidak masuk akal. “Kalau Panpel Pemkab Banyuwangi tidak menguasai, apakah tidak menyimpan arsipnya? Seharusnya, Panitia bisa meminta langsung ke Universitas,” timpalnya.

Karena, Pemohon sepenuhnya tidak menerima jawaban dari Termohon yaitu tidak mengusai informasi, Majelis sidang kemudian memberikan penjelasan kepada Pemohon bahwa sidang ini sidang informasi, tentunya yang berkaitan dengan informasi, bukan lainnya.

“Pemohon bisa melakukan permohonan informasi kepada LPPM Universitas Jember, apabila tidak ditanggapi bisa mengajukan penyelesaian sengketa informasi sesuai mekanisme yang berlaku dalam peraturan,” jelas Imadoeddin.
Dan apabila Pemohon bersedia, maka permohonan penyelesaian sengketa ke Termohon dapat dicabut, lanjutnya.

Dalam sidang virtual kali ini, Imadoeddin didampingi Herma Prabayanti dan Edi Purwanto sebagai Anggota Majelis.(ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here