Home Berita KI Jatim Serahkan Laporan 2019 kepada DPRD Jatim

KI Jatim Serahkan Laporan 2019 kepada DPRD Jatim

120
0

Surabaya-Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) menyerahkan laporan pertanggungjawaban tahun 2019 kepada DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (31/8).
Ketua Komisi A DPRD Jatim, Mayjen TNI (pur) Istu Hari Subagio menerima langsung laporan kinerja KI Jatim.

Imadoeddin, Ketua KI Jatim, menyatakan maksud dan tujuan kedatangan adalah sesuai Pasal 28 UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Komisi Informasi provinsi bertanggungjawab kepada Gubernur dan menyampaikan laporan tentang pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenangnya kepada DPRD provinsi.
Seharusnya laporan pertanggungjawaban diserahkan bulan Maret, tetapi karena pandemi maka penyerahan ditunda sampai situasi lebih kondusif.

Lebih lanjut, pria yang disapa Imad ini memohon bantuan SDM di bidang hukum, untuk membantu proses penyelesaian sengketa yang menumpuk di KI Jatim.

“Ada beberapa kasus di 2017, 2018 yang belum kita selesaikan. Hal ini karena tenaga panitera pengganti hanya satu orang,” keluh Imad.

Apresiasi juga diberikan Ketua KI Jatim kepada Dinas Kominfo Prov Jatim yang selalu berusaha memfasilitasi kebutuhan KI Jatim. Terbaru adalah dengan dilantiknya Sekretaris KI Jatim oleh Dinas Kominfo.

Istu yang didampingi Armuji dan Firdaus Febrianto mengucapkan terima kasih atas kunjungan KI Jatim. Hal ini perlu ditingkatkan sehingga sinergi antara KI Jatim dan DPRD Jatim bisa lebih baik. Keterbukaan informasi menjadi penting di Jawa Timur dan harus terus di maksimalkan.

“Nanti akan saya bicarakan lebih lanjut dengan stake holder yang menangani keterbukaan informasi dan KI Jatim, sehingga kinerja KI Jatim lebih maksimal,” kata Istu.

Firdaus menambahkan kebutuhan SDM di bidang hukum sangat penting bagi KI Jatim, karena hasil dari putusan KI bisa berdampak luas.
“Apabila tidak ada SDM yang paham proses dan teknik hukum maka akan berdampak pada hasil putusan” katanya.
Dirinya menambahkan, Tenaga Ahli yang ditempatkan pada KI Jatim juga dipandang perlu untuk peningkatan kinerja.

Imadoeddin didampingi Komisioner Herma Prabayanti, Elis Yusniyawati, dan A Nur Aminuddin serta Ayu Saulina sebagai PPID KI Jatim.(ase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here