Home Berita Permohonan Informasi Rachmat Terhadap Kel Pucang Sewu Surabaya Ditolak Majelis Komisoner

Permohonan Informasi Rachmat Terhadap Kel Pucang Sewu Surabaya Ditolak Majelis Komisoner

153
0

Surabaya – Majelis Komisioner Prov Jatim memutuskan menolak permohonan informasi Rachmat Hadipurnomo (Pemohon) terhadap Kelurahan Pucang sewu Kecamatan Gubeng Pemerintah Kota Surabaya, pada sidang virtual agenda putusan pada Kamis (27/8).

Ada beberapa pertimbangan majelis memberikan putusan ditolaknya pemohon diantaranya tidak ada satu bukti yang menyakinkan majelis bahwa informasi yang dimohon oleh pemohon ada dalam penguasaan termohon. Informasi yang dimohonkan adalah Bukti Salinanan tentang Riwayat Tanah (Letter C) pada tanah di pucang anom yang sekarang sudah menjadi aset Tanah Pemerintah Kota Surabaya

“Majelis berpendapat bahwa tidak ada kewajiban bagi termohon untuk memberikan informasi yang tidak dalam penguasaannya (termohon),” ujar Ketua Majelis Sidang A Nur Aminuddin, disela-sela pembacaan amar putusan pada sidang virtual, Kamis (27/8).

Dia mengatakan, pada pertimbangan lainnya, termohon juga menyampaikan bahwa informasi yang dimohonkan oleh pemohon tidak dalam penguasaan termohon dengan diperkuat surat jawaban tanggal 10 Oktober 2019 dan surat tanggal 16 Oktober 2019.

Dalam hal ini, katanya, majelis berpendapat bahawa apabila dikemudian hari pemohon menemukan fakta dan bukti bahawa keterangan itu tidak benar maka pemohon dapat meminta pertanggungjawaban termohon atas keterangan yang disampaikan sebagaimana dimaksud dalam pasal 55 no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

Penolakan permohonan pemohon ini sudah diputuskan dalam rapat permusyawaratan majelis komisioner yaitu A Nur Aminuddin selalu Ketua merangkap anggota, Edi Purwanto daan Imadoeddin masing-masing sebagai anggota dengan didampingi Feby Krisbiyantoro sebagai panitera pengganti. (ris)