Home Berita Majelis Komisioner Tolak Permohonan Informasi Wiwiek Terhadap Kelurahan Kertajaya

Majelis Komisioner Tolak Permohonan Informasi Wiwiek Terhadap Kelurahan Kertajaya

55
0


Surabaya – Majelis Komisioner Prov Jatim memutuskan menolak permohonan informasi DRH Wiwiek Widajati (Pemohon) terhadap Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng Pemerintah Kota Surabaya, pada sidang virtual agenda putusan pada Kamis (27/8).

Ada beberapa pertimbangan majelis memberikan putusan ditolaknya Pemohon. Diantaranya permohonan Pemohon seharusnya mengajukan permohonan informasi kepada Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya sebagai badan publik yang mengeluarkan IPT Pemohon.

Ketua Majelis Sidang Imadoeddin disela-sela memimpin sidang virtual, Kamis (27/8) mengatakan, Termohon telah menanggapi permohonan Pemohon dengan menyatakan bahwa mereka tidak memiliki buku leter C yang dimohonkan. Maka dari itu, Termohon menganjurkan Pemohon untuk berhubungan langsung dengan Dinas Pengelolaan dan Bangunan Tanah Pemerintah Kota Surabaya terkait dengan IPT.

“Majelis berpendapat bahwa Termohon telah melaksanakan kewajibannya sebagaimana diatur dalam pasal 22 ayat 7 huruf b UU KIP,” ujarnya.
Supaya informasi menjadi jelas, katanya, Majelis akhirnya menghadirkan Dinas Pengelolaan dan Bangunan Tanah Pemerintah Kota Surabaya sebagai pihak terkait untuk memberikan keterangan, namun tidak hadir dipersidangan.

Meski begitu, Dinas Pengelolaan dan Bangunan Tanah Pemerintah Kota Surabaya memberikan keterangan tertulis melalui surat yang menyatakan berkaitan dengan informasi yang dimohon oleh Pemohon adalah riwayat tanah (leter c), dalam hal ini Dinas Pengelolaan dan Bangunan Tanah Pemerintah Kota Surabaya tidak memiliki kewenangan dan tidak dapat memberikan informasi terkait permasalahan itu.

“Majelis berpendapat bahwa informasi yang dimohon oleh Pemohon sebagaimana yang disampaikan oleh Dinas Pengelolaan dan Bangunan Tanah Pemerintah Kota Surabaya bukan menjadi kewenangannya,” paparnya.

Penolakan permohonan pemohon ini sudah diputuskan dalam rapat permusyawaratan Majelis Komisioner yaitu Imadoeddin selalu Ketua, Edi Purwanto dan A Nur Aminuddin masing-masing sebagai Anggota dengan didampingi Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Penggabti. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here