Home Berita Majelis Sidang Mempertanyakan Dokumen Tes Pilkades Banyuwangi Disimpan di LPPM Unej

Majelis Sidang Mempertanyakan Dokumen Tes Pilkades Banyuwangi Disimpan di LPPM Unej

124
0

Surabaya – Sidang antara Akmad Sari (Pemohon) dengan Panitia Penyelenggara Pilkades serentak 2019 Kabupaten Banyuwangi (Termohon) agenda pembuktian ketiga digelar KI Jatim secara virtual. Majelis sidang mempertanyakan jawaban Termohon yang menyebutkan dokumen negara hasil tes maupun lembar soal berada di LPPM UNEJ, bukan di Instansi Resmi Pemerintah.

Hal itu diutarakan anggota Majelis Sidang Imadoeddin saat memberikan pertanyaan kepada Termohon. “Apakah lazim menyimpan dokumen bukan pada lembaga atau instansi,” katanya.

Selain itu, Imadoeddin mempertanyakan apabila dokumen itu secara disengaja maupun tidak telah dihilangkan, apakah ada sanksi pidananya?

Mendapat pertanyaan seperti itu, Termohon tidak menjawab secara pasti. Karena menurut Termohon ada ahli tersendiri yang bisa menjawab itu. “Koordinator Tim lah yang memiliki dokumen soal maupun lembar jawaban,” terangnya.

Meski begitu, sidang terus dilanjutkan dengan mempertanyakan sejumlah bukti kepada Termohon maupun Pemohon. “Kami minta semua bukti dileges, baik Pemohon maupun Termohon, dan segera dikumpulkan,” ujar Ketua Majelis Sidang Edi Purwanto.

“Untuk agenda sidang selanjutnya, Majelis akan melakukan musyawarah terlebih dahulu setelah menerima bukti-bukti yang diserahkan oleh Pemohon dan Termohon” tandasnya.

Sebelumnya, Akhmad Sari mengajukan permohonan informasi berupa salinan lembar soal dan lembar jawaban atas namanya pada saat melakukan tes pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2019. Tidak adanya tanggapan dari Termohon menbuat dirinya mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik ke KI Jatim. (ris)