Home Berita Pemprov Jatim Hadirkan Saksi Ahli

Pemprov Jatim Hadirkan Saksi Ahli

7
0

Komisi Informasi Jatim kembali menggelar sidang perkara, Rabu (1/2) antara Jaringan Kawal Jatim (Jaka Jatim) sebagai Pemohon dengan Pemprov Jatim, yang dikuasakan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Jatim, sebagai Termohon. Pada sidang yang digelar dengan agenda pembuktian dan mendengarkan saksi ahli Termohon ini, informasi yang dimohonkan Pemohon adalah mengenai Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA) semua SKPD di Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Saksi Ahli, Joko Tetuko Abdul Latif, menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tidak menyebutkan secara rinci dan jelas mengenai DPA, hal tersebut juga diperkuat dengan Permendagri No 35 Tahun 2010 dan Inpres Nomor 7 Tahun 2015 juga menyebutkan hal yang hampir sama.

Lebih lanjut dikatakannya, mengacu Pasal 9 UU KIP yakni setiap Badan Publik wajib mengumumkan ringkasan informasi publik yang berkaitan dengan kegiatan dan kinerja badan publik, laporan keuangan serta informasi lain yang diatur dalam undang-undang. Tetapi Hak Badan Publik untuk membuat pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk pemenuhan Hak Pemohon, sesuai Pasal 2, 3 dan 4 PP No. 61 Tahun 2010.
Pemohon dalam sidang kali tidak memberikan keterangan apapun dan menyerahkan seluruh keputusan dalam persidangan kepada Majelis Komisioner.

Sidang dengan Ketty Tri Setyorini sebagai Ketua Majelis Komisioner dan Zulaikha serta Wahyu Kuncoro sebagai Anggota Majelis Komisioner, akan dilanjutkan sidang berikutnya dengan agenda putusan, serta masing-masing pihak diharapkan membuat kesimpulan dari hasil rangkaian seluruh sidang i dan diserahkan pada Panitera selambat-lambatnya 7 hari kerja. (ern)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here