Home Berita Seminar Daerah Penguatan SOP Layanan Informasi Publik

Seminar Daerah Penguatan SOP Layanan Informasi Publik

46
0

Badan Publik wajib membuat SOP Layanan Informasi Publik (LIP), demikian disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Prov Jatim, Djoko Tetuko dalam Seminar Daerah Penguatan SOP Badan Publik Menuju Layanan Informasi Berkualitas di Hotel Singgasana Surabaya, 23 Juli 2014.

Narasumber Seminar Daerah kali ini berasal dari Komisioner KI Prov Jatim, yaitu Djoko Tetuko dan Imadoeddin yang menyampaikan materi Pedoman Umum SOP Layanan Informasi Publik bagi setiap Badan Publik dan SOP Komisi Informasi Prov Jatim. Sebagai moderator acara adalah Daan Rachmad Tanod.

Djoko menyampaikan, SOP LIP ini pada dasarnya mengarahkan penyusunan SOP Administrasi Makro terkait proses Layanan Informasi Publik di Badan Publik. Dengan memperhatikan kondisi di masing-masing Badan Publik, penggunaanya dapat diperkuat dengan penyusunan SOP Teknis / bagian untuk melengkapi SOP LIP contohnya SOP bagian Penyimpanan Dokumen; atau SOP bagian Meja Layanan informasi dll.

Seorang perserta dari Kab. Banyuwangi, Ibu menanyakan apakah SOP yang sudah ada di Kab/Kota harus diubah sesuai dengan SOP LIP ini terkait dengan RAD terkait Rencana Aksi Daerah Pemberantasan Korupsi RAD PK, dimana SOP sudah selesai pembahasannya? Apakah diwajibkan untuk merubah? Menjawab pertanyaan ini, menurut Djoko Tetuko SOP memang harus menggambarkan LIP bagi Badan Publik.

Namun demikian, menurut Imadoeddin, Badan Publik dapat mengadobsi SOP KI Prov Jatim dan menggunakan Pedum SOP LIP atau menggunakan SOP yang sudah ada. “Yang terpenting layanan informasi publiknya jalan. SOP dapat menjelaskan tugas dan kewajiban PPID dan Atasan PPID” kata Imadoddin.

Hadir dalam acara Seminar daerah ini, PPID di lingkungan Provinsi Jawa Timur dan Kab/Kota se Jawa Timur yang berjumlah kurang lebih 100 peserta.

(Rahmad/KI Jatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here