Home Berita Diumumkan, Lima Anggota Komisi Informasi Periode 2014-2018

Diumumkan, Lima Anggota Komisi Informasi Periode 2014-2018

50
0

Setelah sempat tertunda selama satu bulan terkait hasil pengumuman anggota Komisi Informasi (KI) provinsi Jatim, Akhirnya komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mengumumkan lima anggota Komisi Informasi (KI) periode 2014 – 2018.

Berdasarkan Surat Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Nomor : 160/5324/060/2014, tanggal 4 Juli 2014 Perihal Penetapan Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Masa Jabatan 2014-2018. Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur mengumumkan bahwa berdasarkan hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan terhadap 15 (lima belas) orang Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur telah ditetapkan 5 (lima) orang Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, sebagai berikut: Isrowi Farida, Ketty Tri Setyorini, Zulaikha, Mahbud Junaidi, dan Wahyu Kuncoro. Sedangkan Cadangan, Djoko Tetuko Abd Latif, Imadoedin, Misbahul Munir, Ferona Illusia, DAN Daan Rachmad Tanod.

Anggota Komisi A DPRD Jatim, Soleh Hayat di DPRD Jatim, Jumat (11/7) mengatakan kelima anggota Komisi Informasi ini berdasarkan hasil dan nilai yang dilakukan oleh anggota komisi A saat melakukan fit uji kelayakan pada beberapa waktu lalu. “Saat ini surat sudah dikirim ke Pak Gubernur Jatim untuk dilakukan pendatanganan dan pelantikan lima anggota KI tersebut,” paparnya.
Dikatakannya, dalam SK Anggota Komisi Informasi Provinsi Jatim, akan disertakan dua lampiran. Yang pertama adalah lampiran lima anggota komisioner terpilih. Kelimanya mewakili unsur pemerintah, pers, akademisi, LSM, dan tokoh masyarakat. Kedua adalah lampiran lima nama anggota antar waktu atau calon anggota yang disiapkan untuk menggantikan anggota terpilih jika ada yang meninggal dunia, mengundurkan diri, atau terjerat kasus pidana. ‘Kelima Anggota yang dipilih Komisi A ini merupakan perwakilan yang tercantum dalam SK tersebut,” ujarnya.

Tekait dengan gagalnya calon incumbent yang tidak lolos ia mengatakan incumbent yang kembali mendaftar gagal terpilih lagi lantaran nilai hasil fit and propert test yang kalah bersaing dengan kandidat yang baru.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Sabron A Pasaribu mengatakan bahwa satu atau dua hari ini, siapa saja yang terpilih menjadi anggota komisi informasi akan diumumkan. “Bisa Senin depan. Khan sabtu atau minggu libur,” kata politisi dari Fraksi Golkar ini. Lebih lanjut, Sabron menandaskan bahwa suratnya sudah ada di Gubernur Jawa Timur untuk ditandatangi. Sabron membantah bahwa yang lolos nantinya merupakan calon titipan. “Kemarin sudah di kirim ke gubernur. Jadi tinggal nunggu diumumkan saja. Tidak ada calon titipan, semua yang lolos berdasarkan hasil fit and proper test,” paparnya.

Sebelumnya, sebanyak 15 calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (13/5) hingga Rabu (14/5) mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim. Adapun yang lolos 15 peserta yang ikut Fit and proper test di DPRD Jatim dihari pertama Selasa (13/5) yaitu Daan Rakhmat Tanod, Djoko Tetuko, Farona illusia, Isrowi Farida, Ketty Tri Setyorini, Misbahul Munir, Mahbud Junaidi, Imadoedin. Sedangkan tes hari kedua, Rabu (14/5) yaitu Mohammad Rudy Hartono, Nurul Amalia, Otto Bambang Wahyudi, Zulaikha, Wahyu Kuncoro, Sardiyoko, dan Sudarno. (pca)

Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/watch/40531

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here