Berita


Rabu, 22/07/2020 00:00 WIB

Monev Virtual Komisi Informasi Dimanfaatkan Pemerintah Desa Ajukan Pertanyaan


Monev Virtual Komisi Informasi Dimanfaatkan Pemerintah Desa Ajukan Pertanyaan

Surabaya – kegiatan E-Bimtek Monev Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim secara virtual dengan PPID kab/kota serta pemerintah desa di Jatim berlangsung seru. Bahkan ajang komukansi secara virtual ini dimanfaatkan pemerintah desa dan PPID mengajukan berbagai pertanyaan kepada nara sumber Komisioner KI Jatim.

Salah satu pertanyaan dari PPID Kab Bojonegoro yakni mengenai apakah ada perbedaan pada kategori PPID award tahun 2019 dengan tahun 2020? Langsung dijawab, Herma Retno P mengatakan, secara umum kategori PPID award pada tahun ini tidak ada perbedaan. Namun untuk nominasinya masih mengadaptasi dengan melihat situasi pendemi covid 19 saat ini.

Selanjutnya, peserta Bimtek dari Desa Jonggok Ngoro Jombang menanyakan tentang UU keterbukaan informasi yang sering dijadikan alat oleh LSM untuk menekan pemerintah desa?. Herma menjawab komisioner memahami permasalahan itu. Namun, pemerintah desa bisa mengatasinya apabila memahami UU keterbukaan informasi secara menyeluruh.

“Jika kita melaksanakan UU keterbukaan informasi secara utuh maka itu tidak menjadi masalah. Karena di UU itu sudah diatur mana informasi yang boleh diberikan maupun informasi yang tidak boleh diberikan,” ujarnya.

Herma berpendapat, jika LSM yang meminta informasi dipersilahkan saja namun hal itu bisa dianalisa. Maka dari itu, KI Jatim akan membantu dengan PPID jombang berkordinasi apa yang harus dipahami tentang UU keterbukaan informasi tersebut.

Lebih lanjut Herma mengatakan, Monev ini benar-benar dimanfaatkan pemerintah desa dan PPID kab/kota. “Teman teman di desa bisa berpartisipasi. KI Jatim ingin memberikan pemahaman bahwa keterbukaan informasi bisa tersampaikan menyeluruh. Jadikan Monev sarana edukasi, bukan penilaian tapi bentuk evaluasi desa agar aplikasi keterbukaan informasi bisa terwujud,” paparnya.

Sementara itu, Edi Purwanto menuturkan, kegiatan Monev virtual ini diikuti puluhan peserta dari berbagai pemerintah desa serta PPID kab/kota di Jatim. Dalam paparanya, peserta virtual diharapkan mengisi SAQ dengan benar.

“Lembar pertanyaan SAQ desa bisa di akses, kepada teman-teman desa dapat mengisi dengan mencentang di kolom yang tercantum ya atau tidak. Kalau menjawab iya maka harus disebutkan link situsnya atau website,” pungkasnya.(ris)



Berita lainnyaindeks


Sidang Virtual Doanto Dengan Disdikpora Tulungagung, Majelis Jatuhkan Putusan Pada Sidang Berikutnya


Sidang Virtual Pembuktian dan Pemeriksaan Saksi :
Pansel Banyuwangi Akui Berkas Lembar Jawaban…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi