Berita


Kamis, 27/06/2019 00:00 WIB

Sosialisasi Perki 1 2018, Komisi Informasi Jatim Gelar Temu Desa di Kab Mojokerto


Sosialisasi Perki 1 2018, Komisi Informasi Jatim Gelar Temu Desa di Kab Mojokerto

Surabaya - Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim menggelar Temu Desa di Alon-alon Pendopo Kabupaten Mojokerto. Temu desa yang dihadiri sekitar 100 kepala desa Kab Mojokerto ini mendapatkan wawasan Peraturan Komisi Informasi (Perki) 1 Tahun 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Kab Mojokerto, Ardi, dalam sambutannya, Kamis (27/6) mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada wawasan tambahan mengenai Perki 1 Tahun 2018.

“Apapun hasil diskusi ini tentu harus dicermati dan ditaati. Harapannya, segala macam permasalahan di desa diselesaikan dgn baik,” ujar Ardi yang juga menjabat sebagai Plt Kadiskominfo Kab Mojokerto.

Dengan ada Perki ini, katanya, kepala desa bisa dijadikan referensi di dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan permintaan informasi dari masyarakat.

“Mudah mudahan ada solusi terbaik sehingga tidak ada permasalahan pencalonan lagi pada pilkades 2019. Menginggat, 90 persen mengajukan lagi menjadi kepala desa lagi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KI Prov Jatim Imadoeddin mengatakan, temu desa ini merupakan program rutin yang diselenggarakan Pemprov Jatim melalui KI Prov Jatim.

Dia menjelaskan, alasan dipilihnya Mojokerto Karena daerah ini menjadi salah satu paling banyak mendapatkan pengaduan sengketa informasi. “Sekitar 25 desa masuk sengketa. Maka dari itu, setelah dilakukan telaah maka dilakukan sosialisi Perki 1 2018 ke Mojokerto ini,” ujarnya.

Dia menuturkan, Desa menjadi suatu wilayah menarik, karena mampu menyedot anggaran. Tentunya, Hal ini mampu menyedot kalangan tertentu ingin mengetahui data yang berkaitan dengan anggaran itu.

“Maka lakukan keterbukaan informasi sejak awal sehingga tidak ada masalah. Dengan ada payung hukum ini menjadi kewajiban untuk keterbukaan informasi,” jelasnya. (ris)



Berita lainnyaindeks


Daftar Badan Publik Yang Telah Mengirimkan SAQ


Sengketa Informasi Jatim Anti Korupsi VS Pemdes Karanglo Kab Jombang, Dimenangkan Pemohon




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi