Berita


Selasa, 18/12/2018 14:38 WIB

Keterbukaan Informasi Publik Untuk Kesejahteraan Masyarakat


Pembangunan desa yang masif dilakukan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah mendorong Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan keterbukaan informasi di Pemerintahan Desa. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Ketty Tri Setyorini dalam membuka acara Temu Desa dalam rangka Peningkatan Layanan Informasi Publik Pemerintahan Desa pada Selasa (18/12) di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Pada tahun 2018, menurut Ketty banyak desa yang kini disengketakan ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur. Informasi paling banyak disengketakan adalah dana desa. "Pemohon informsi tidak hanya dari warga setempat, tapi juga berasal dari desa lain," jelasnya. 

Acara yang bertema "Keterbukaan Informasi Publik Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa" itu menhadirkan tiga pemateri. Tampil sebagai pemateri, Mahbub Junaidi menyampaikan bahwa tuntutan UU Desa dan UU KIP, menuntut desa untuk terbuka, transparan dan partisipstif. Untuk itu, Komisi Informasi telah membuat buku pedoman keterbukaan informasi sejak tahun 2006. Buku tersebut menggunakan bahasa yang sederhana dan ilustrasi.   

Sebagai pemateri kedua, Agus Dwi Muhanan menyampaikan Pemerintah Desa juga harus membentuk PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). PPID Desa juga sebagai PPID Pembantu bagi PPID Kabupaten.

Pemateri ketiga, Nuri Maulidi Staf Ahli Infra Struktur Pendamping Desa se Jawa Timur, menyampaikan bahwa dana desa sangat besar.  Dana desa di Jawa Timur adalah Rp 6.343.608.189.000,- diminta oleh Presiden Jokowi, 30 persen diminta melibatkan padat karya. Untuk keterbukaan informasi, ada 2 hal yang harus diperhatikan, pertama pekerjaan harus sesuai SOP, yang kedua Program dilaksanakan. "Kalau 2 hal itu dilakukan, maka tidak ada akan ada masalah siapapun yang memeriksa." katanya.

Acara yang dipandu oleh Zulaikha sebagai moderator ini, dihadiri sekitar 100 orang terdiri dari PPID Kabupaten Kota, Pendamping Desa dan Kepala Desa di Jawa Timur. (RH)



Berita lainnyaindeks


Pemerintah Kota Batu melalui PPID Dinas Kominfo Pemkot Batu pagi tadi berkunjung ke kantor Komisi…


Surabaya-Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim siang tadi menerima kunjungan lima mahasiswa/mahasiswi…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi