Berita


Kamis, 22/11/2018 11:33 WIB

KI Gelar Sidang Informasi Desa di Banyuwangi


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menggelar sidang 6 kasus sengketa informasi di Hotel Aston Banyuwangi pada Kamis (22/11).

Sidang  Desa Sarongan
Sidang antara Pemohon Zainuddin dengan Termohon Pemerintah Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Kab. Banyuwangi. Sidang ini dihadiri oleh Termohon sedangkan Pemohon tidak hadir dengan berkirim surat.
Dalam sidang ini, Kepala Desa menyampaikan bahwa surat permohonan informasi telah diterima, namun tidak memberikan tanggapan karena identitas Pemohon dianggap tidak jelas. "Di dalam KTP tidak ada RT dan RW," kata Sekretaris Desa.
Majelis Komisioner Isrowi Farida, Wahyu Kuncoro dan Mahbub Junaidi, menunda persidangan.

Sidang Kelurahan Klatak
Sengketa antara Pemohon Zainuddin dengan Termohon Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Kab. Banyuwangi digelar tanpa kehadiran Pemohon.
Termohon yang diwakili oleh Lurah Klatak dan Camat Kalipuro menyampaikan bahwa permohonan informasi itu dianggap salah alamat karena ditujukan kepada Kepala Desa Klatak. "Informasi yang diminta APBDes dan Penerima Raskin, sedangkan kami tidak mempunyai APBDes," kata Lurah.
Majelis Komisioner Isrowi Farida, Mahbub Junaidi dan Wahyu Kuncoro meminta Badan Publik tetap memberi tanggapan pada permohonan informasi, dan bisa menjelaskan ketidakpahaman istilah Desa dan Lurah.

 

Sidang Desa Ringintelu 
Sengketa informasi antara Pemohon Ghoni Fadly Adhima, ST. MT dengan Termohon Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo., digelar tanpa dihadiri Pemohon.
Termohon yang diwakili oleh Kades menjelaskan bahwa surat permohonan informasi belum dibuka karena merasa tidak mengenali Pemohon. "Dia siapa sebagai apa, kami tidak kenal," katanya.
Majelis Komisioner Ketty Tri Setyorini, Zulaikha dan Isrowi Farida meminta Badan Publik untuk membaca undang-undang KIP. "Kewajiban Badan Publik melayani permohonan informasi dari siapapun", kata Ketua Majelis menutup persidangan.

 

Sidang Desa Keselir

Sengketa Informasi antara Pemohon Herman Wahyudi dengan Termohon Pemerintah Desa Keselir Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi digelar tanpa kehadiran Pemohon. Pemohon. Kepala Desa Kesilir, Supriyanto menyatakan bahwa informasi yang dimohon sudah tersedia di wabsite. Bahkan dalam persidangan tersebut, Termohon juga siap memberikan informasi yang dimohon. Namun demikian, menurut Termohon, fotokopi identitas KTP Pemohon tidak jelas jelas karena foto pada KTP tidak nampak.

Majelis Komisioner yang terdiri dari Zulaikha, Wahyu Kuncoro dan Mahbub Junaidi menunda persidangan untuk memberi kesempatan pada Pemohon.

 

Sidang Desa Benculuk

Sengketa informasi antara Pemohon Herman Wahyudi dengan Termohon Pemerintah Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi digelar tanpa kehadiran Pemohon. Termohon diwakili oleh Pelaksana Jabatan (PJ)  Kades Benculuk, menyatakan belum menanggapi surat permohonan karena belum mengetahui permohonan informasi.

Majelis Komisioner yang Terdiri dari Zulaikha, Wahyu Kuncoro dan Mahbub Junaidi menunda persidangan untuk memberi kesempatan pada Pemohon.

 

Sidang Desa Kemiren

Sengketa informasi antara Pemohon Herman Wahyudi dengan Termohon Pemerintah Desa Kemiren Kecamatan Cluring Kabupaten Glagah Kabupaten Banyuwangi digelar tanpa kehadiran Pemohon. Termohon diwakili oleh PPID Kabupaten Banyuwangi, Ermi menyatakan belum menanggapi surat permohonan karena Kepala Desa belum memahami kewajiban sebagai badan publik. Namun dalam sidang tersebut, Termohon menyatakan siap memberikan informasi yang dimohon.

Majelis Komisioner yang Terdiri dari Zulaikha, Wahyu Kuncoro dan Mahbub Junaidi menunda persidangan untuk memberi kesempatan pada Pemohon. (RH)



Berita lainnyaindeks


Komisi Informasi Sampaikan Kinerja Tahun 2018

Kamis, 13/12/2018 14:11 WIB

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menyampaikan kinerja tahunan dalam Forum Informasi dan…


PPID Award 2018

Rabu, 12/12/2018 08:53 WIB

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar agenda tahunan "PPID Award 2018", Selasa,…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi