Berita


Jumat, 19/10/2018 10:34 WIB

KI Mulai Kunjungan Ke PPID


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) akan memulai kunjungan (visitasi) pada Senin (21/10) depan, ke Badan Publik di Lingkungan Provinsi Jawa Timur dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Layanan Informasi Publik. Badan Publik yang akan dikunjungi oleh Tim Monev ini terdiri dari OPD Provinsi Jawa Timur, Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, dan Desa se-Jawa Timur.

"Tujuan visitasi adalah melihat perkembangan Sistem Layanan Informasi Publik yang meliputi sarana prasarana, dokumen pembentukan PPID dan informasi publik," demikian disampaikan Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Ketty Tri Setyorini, dalam rapat persiapan Tim Monev pada Kamis (18/10) kemarin. Layanan informasi publik, menurut Ketty harus mengacu PERKI 1 Tahun 2010 tentang SLIP dan Permendagri No 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah. 

Dalam proses penilaian visitasi, Ketty mengungkapkan hal baru tahun ini, yaitu presentasi. "Badan Publik harus mempresentasikan layanan informasi publiknya kepada Tim Monev KI Jatim, sebelum dilakukan dilakukan tanya jawab dan pengecekan dokumen pendukung ke-PPID-an," katanya.

Sebagai informasi, sebelum melakukan visitasi, KI Jatim telah melakukan penilaian informasi berkala pada media website, dan telah memberikan self assessment questionnaire (SAQ). 

Berdasarkan nilai sementara dari penilaian website dan SAQ tersebut, Komisi informasi mengklasifikasi kategori Badan Publik yaitu "A", "B", "C", dan "D". Dari kategori tersebut, "Kami hanya akan melalukukan visiitasi ke Badan Publik yang memperoleh kategori "A" sampai "C". "Kategori "D" tidak divisit," kata Ketty.

Untuk kategori "D" menurut Ketty, perlu pembinaan khusus. "Kami akan mengundang mereka untuk memberikan pembinaan," tutupnya. 

 

Berita terkait :

- KI Jatim Mulai Monev PPID 2018

BP Sampaikan Laporan Layanan Informasi



Berita lainnyaindeks


Dalam rangka mempercepat turwujudnya keterbukaan informasi, Badan Publik diminta untuk melaksanakan…


Pengumuman Hasil Tes Wawancara Anggota Komisi Informasi Prov Jatim




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi