Berita


Kamis, 13/09/2018 14:01 WIB

Sengketa Informasi Dinas Perumahan Rakyat Berakhir Damai


Sengketa Informasi antara Pemohon LSM Bongkar Indonesia dengan Termohon Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur berakhir dimediasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur pada Kamis (13/9). 

Sebelum dimediasi, Majelis Komisioner yang terdiri dari Isrowi Farida, Mahbub Junaidi, dan Wahyu Kuncoro, melakukan sidang pemeriksaan awal. Dalam sidang tersebut, Zaenal Arifin mewakili Termohon menyatakan bahwa permohonan informasi Pemohon terlalu luas dan tidak spesifik. Jika ditotal pekerjaan yang dilaksanakan dengan sistem lelang dan non lelang pada Tahun Anggaran 2016 dan 2017 berjumlah hampir 300 pekerjaan, jadi akan banyak sekali dokumen yang dibutuhkan dan kita perlu waktu yang lama untuk pemenuhannya. “Akan sangat efisien jika Pemohon memilih pekerjaan mana yang dibutuhkan dokumennya” lanjut Zaenal.

Materi yang dimohonkan Pemohon adalah Data/Informasi/Salinan Copy SPK, KAK, Harga Satuan, DPA, Dtail Gambar, RAB dari masing-masing kegiatan non lelang baik pekerjaan kontruksi maupun pengadaan barang dan jasa APBD 2016-2017 serta SKT/SKA, Dukungan Alat dari seluruh pemegang lelang yang proses lelangnya sudah selesai dilaksanakan tahun 2016.

Namun, Ach Suhairi Ketua LSM Bongkar Indonesia menyayangkan karena hal tersebut tidak diungkapkan dalam tanggapan  Termohon, sebagaimana diungkapkan dalam persidangan. "Jika memang Termohon membalas permohonan informasi, dengan pernyataan tersebut, tentu kita tidak akan bertemu di ruang sidang KI Jatim," kantanya.

Untuk efisiensi pemenuhan dokumen informasi, Pemohon juga bersedia mengurangi jumlah permohonan. Hanya meminta 3 dokumen pekerjaan lelang dan 7 dokumen pekerjaan non lelang di Tahun Anggaran 2016 & 2017. 

Majelis Komisioner pun menawarkan proses mediasi kepada para pihak. Para pihak bersedia melakukan proses mediasi dipimpin oleh Wahyu Kuncoro hingga akhirnya tercapai kesepakatan damai. (AS/RH)



Berita lainnyaindeks


KI Mulai Kunjungan Ke PPID

Jumat, 19/10/2018 10:34 WIB

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) akan memulai kunjungan (visitasi) pada Senin (21/10)…


BP Harus Terbuka Tanpa Harus Diminta

Selasa, 09/10/2018 13:37 WIB

Badan Publik (BP) diminta terbuka meskipun tidak dimita oleh Pemohon informasi. Hal itu disampaikan…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi