Berita


Jumat, 07/09/2018 15:44 WIB

KI Jatim Mulai Monev PPID 2018


Foto : Rapat membahas agenda, materi, peserta, dan sistem penilaian Monev PPID 2018 

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) hari ini, Jumat (07/09) mengirimkan surat Pemberitahuan Monitoring dan Evaluasi (Monev) PPID Tahun 2018 ke sejumlah Badan Publik di lingkungan Provinsi Jawa Timur. Surat Pemberitahuan itu, sekaligus sebagai penanda dimulainya agenda tahunan KI Jatim untuk melakukan Monev dan Pemeringkatan PPID.

Ketua KI Katim, Ketty Tri Setyorini, menyampaikan bahwa Monev kali ini berbeda dengan Monev sebelumnya, Surat pemberitahuan monev tahun ini disertai Instrumen Laporan PPID yang harus diisi oleh PPID/Badan Publik dan dikirmkan kembali ke KI Jatim hingga 14 September mendatang. Laporan yang telah disi tersebut nantinya akan menjadi bahan penilaian. “Diharapkan semua mengisi instrumen monev dan dikembalikan ke KI Jatim untuk menjadi bahan evaluasi perkembangan pemahaman dan pelaksanaan layanan informasi publik,” katanya.

Dengan intrumen pelaporan yang diisi sendiri oleh Badan Publik, akan memberi kesempatan lebih baik kepada badan Publik untuk lebih baik dari tahun sebelumnya. Ketty berharap Badan Publik yang selama ini belum pernah mendapat penghargaan, dapat melakukan perubahan yang signifikan untuk meningkatkan kualitas layanan informasinya.

Peserta monev tahun ini juga beda, sebulnya hanya OPD Provinsi, Kab/Kota, dan Desa, kali ini ditambah penyelenggara Pemilu yaitu  KPU dan Bawaslu. Ketty menjelaskan bahwa implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik sangat dibutuhkan, guna mendorong terselenggaranya pemilu yang transparan. “Dengan monev PPID, akan mendorong keterbukaan informasi yang nantinya akan meningkatkan kredibiltas penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

Hal yang baru juga dalam penilai Desa. Tahun sebelumnya hanya menilai website desa, tahun ini juga menilai meja layanan dan ketersediaan dokumen publik di Desa dan Kelurahan. Untuk itu, KI Jatim meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengirimkan salah satu Desa/Kelurahan yang terbaik untuk dinilai.

Setelah pengumpulan laporan layanan informasi oleh badan Publik berakhir (14 September 2018), KI Jatim akan menilai hasil laporan. Setelah didapatkan hasil penilaian sementara, akan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Monev PPID pada bulan Oktober mendatang. Selanjutnya, hasil keseluruhan dari monev ini, akan disampaikan pada acara Penganugerahan Penghargaan PPID atau PPID Award pada bulan Nopember. (RH)


Badan Publik Sampaikan Laporan Layanan Informasi

 



Berita lainnyaindeks


Komisi Informasi Sampaikan Kinerja Tahun 2018

Kamis, 13/12/2018 14:11 WIB

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menyampaikan kinerja tahunan dalam Forum Informasi dan…


PPID Award 2018

Rabu, 12/12/2018 08:53 WIB

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar agenda tahunan "PPID Award 2018", Selasa,…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi