Berita


Rabu, 11/07/2018 17:10 WIB

Sengketa Informasi PHK Karyawan


Informasi terkait pemutusan tenaga yang disengketakan oleh Pemohon LSM MAPEKKAT terhadap Termohon Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur digelar pada Rabu (11/07). Sidang pemeriksaan awal ini dihadiri oleh Pemohon dan Termohon.

Pemohon yang diwakili oleh Setiyo Winarto menyampaikan bahwa melakukan permohonan terkait pemutusan tenaga kerja yang dilakukan oleh PT. ADVANTAGE SCM Sidoarjo terhadap karyawannya Priyonggo Yogi dan PT. VARIA NIAGA NUSANTARA terhadap karyawannya Poniyem.

Pemohon mengajukan permohonan informasi kepada Termohon Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur apakah ada pelanggaran terkait pemutusan tenaga kerja. Namun hingga diajukan keberatan, Termohon tidak menjawab hingga Pemohon mengajukan sengketa ke Komisi Informasi.

Majelis Komisioner yang terdiri dari Wahyu Kuncoro, Zulaikha dan Mahbub Junaidi, menanyakan kepada Termohon, mengapa tidak ditanggapi.

Termohon yang diwakili oleh Hasan Mangalle menyampaikan bahwa Termohon telah memberikan jawaban atas pertanyaan atau keberatan Pemohon. "Kami sudah menjawab melalui surat pos. Kalau tidak dikembalikan berarti sudah sampai kepada Pemohon." Bahkan karena Pemohon tidak merasa menerima jawaban dari Termohon, maka jawaban itu diberikan lagi kopinya kepada Pemohon.

Menanggapi surat jawaban tersebut, Pemohon menyatakan tidak puas terhadap jawaban Termohon. "Tidak ada jawaban yang memuaskan," kata Pemohon.

Selain memberikan surat jawaban kepada Pemohon, Termohon Disnakertrans juga memberikan peringatan kepada perusahaan terkait. Namun isi surat terhadap perusahaan tersebut menurut Termohon, tidak boleh dibuka kepada Pemohon.

Majelis Komisioner menawarkan proses mediasi kepada para pihak. Pemohon dan Termohon bersedia menempuh proses mediasi. Sidang pun ditutup dan selanjutnya menunggu hasil mediasi yang akan dijadwalkan kembali di lain hari. (RH).



Berita lainnyaindeks


Dalam rangka Monev PPID 2018, Komisi Informasi meminta badan Publik di Jawa Timur, untuk melaporkan…


KI Jatim Menolak Permohonan Terhadap OJK

Rabu, 12/09/2018 14:06 WIB

Sengketa informasi antara Pemohon Yayasan Perlindungan Konsumen Makmur Bersama dengan Termohon Otoritas…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi