Berita


Kamis, 24/05/2018 10:36 WIB

Sengketa Dana Hibah Akhirnya Selesai Dimediasi


Sengketa informasi atara Pemohon Jaka Jatim melawan Termohon Madrasah Tsanawiyah YKUI Maskumambang Gresik berakhir dimediasi pada Kamis 2018.

Sebelum dilakukan mediasi Pemohon yang diwakili oleh Mathur Husyairi mengungkapkan adanya temuan BPK atas laporan pertanggungjawaban dana hibah dari Pemerintah Provinsi yang diberikan kepada Yayasan. Menurut Pemohon, dalam temuan itu, ada kekurangan valume sebesar lima ratus tujuh belas juta rupaih, dengan rincian MA : Rp 117 juta, MI : Rp 87 juta, MTs : Rp 55 Juta, SMK : Rp 255 juta. "Saya tidak tahu kapan SPJ itu diserahkan, karena posisi April, Mei sampai Juni itu posisi proses pembangunan itu masih berlangsung?" tanya Pemohon. 

Menurut Termohon yang diwakili oleh Imam Subkhi, pada tahun 2016, YKUI Maskumambang Gresik mendapat dana hibah untuk pembangunan gedung. Proses pembangunan saat ini telah selesai. Dari bantuan dana hibah tersebut, menurut Termohon masih kurang untuk biaya pembangunan sampai selesai. "Angka untuk membangun gedung itu melebihi jumlah bantuan," jelas Termohon.

Dari verifikasi BPK, pihak Termohon menjelaskan bahwa ada kekurangan volume yang dimaksud Pemohon, sudah dilakukan perbaikan. "Setelah verifikasi kita telah memperbaiki segala sesuatunya, RAB-nya semuanya, kita sesuaikan dengan hasil verifikasi BPK. Dan Alhamdulillah semua sudah selesai," kata Termohon. Setelash selesai pembangunannya, Termohon mengaku telahmenyampaikan laporan pertanggungjawaban pada 27 April 2017 kepada Dinas Pendidikan.

Karena, pada sidang ke-4 ini merupakan sidang pertama yang dihadiri Pemohon dan Termohon, Majelis yang terdiri dari Wahyu Kuncoro, Ketty Tri Setyorini dan Isrowi Farida menawarkan proses mediasi. Proses mediasi dapat ditempuh apabila informasi yang dimohon bukan informasi yang dinyatakan dikecualikan oleh Termohon, dan para pihak bersedia melakukan mediasi.

Setelah dilakukan mediasi, yang dimediatori oleh Ketty Tri Setyorini, para pihak sepakat mengakhiri sengketa yang intinya pihak Termohon bersedia memberikan informasi yang dimohonkan Pemohon. (RH) 

 



Berita lainnyaindeks


Baru-baru ini viral, Kantor Desa mirip istana. Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah,…


Data APBDES Desa Dadapan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi yang dimohon oleh Pemohon, Ghoni Fadly…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi