Berita


Sabtu, 23/12/2017 09:47 WIB

KI JATIM LAPORKAN KINERJA TAHUNAN


Sebagai wujud keterbukaan dan transparansi, Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menyampaikan laporan kinerja tahunan yang dikemas dalam acara Forum Informasi dan Akuntabilitas (FIA) yang disiarkan secara langsung SBO TV Jumat (22/12), pukul 18.30-19.30 WIB.

Ketua Komisi Informasi Prov Jatim, Ketty Tri Setyorini didampingi Zulaikha (Wakil Ketua), Isrowi Farida (Bidang ASE), Mahbub Junaidi (Bidang PS), menyampaikan laporan tahunan terkait kinerja dan laporan keuangan.

Komisi Informasi, dalam melaksanakan tupoksinya menyelesaikan sengketa informasi, pada tahun 2017, Komisi Informasi menangani 236 kasus permohonan penyelesaian sengketa. Adapun rinciannya 146 kasus yang masuk di tahun 2017, sedankan sisanya adalah lanjutan kasus 2016 sebanyak 90.

Menurut Zulaikha, dari sekian banyak kasus yang ditangani KI, paling banyak melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Kota terkait permohonan informaai mengenai anggaran. Namun demikian, akhir-akhir ini sering juga melibatkan Pemerintahan Desa terkait permohonan informasi mengenai Anggaran Dana Desa (ADD).

Di bidang ASE, Isrowi menyampaikan, pada tahun 2017 masih kurang maksimal, terutama untuk masyarakat atau pengguna informasi. Sedangkan untuk Badan Publik, sudah cukup. "Semua Badan Publik Kabupaten/Kota dan OPD Provinsi Jawa Timur, sudah membentuk PPID," jelas Isrowi. Meski demikian, ada PPID yang sudah sangat maju, tapi ada juga yang sekedar ada.

Kurangnya anggaran pada KI menyebabkan terbatasnya sosialisasi terhadap masyarakat pengguna informasi, menurut Isrowi. Untuk menyiasatinya, KI berusaha terus menyempurnakan website sehingga masyarakat dapat mengakses informasi melalui situs KI.

Lebih jauh tentang anggaran, mulai tahun 2018 Komisi Informasi tidak mengelola anggaran tersendiri, dikarenakan perubahan peraturan, anggaran KI dimasukkan dalam salah satu bidang di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. 

Besar harapan Ketty, agar kedepan KI memiliki mata anggaran sendiri sehingga lembaga yang mandiri dan independen ini dapat terwujud. (RH)



Berita lainnyaindeks


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, mengumumkan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) Badan Publik…


Sengketa informasi antara Pemohon Soedarmono, SH dengan Termohon Kelurahan Bangkingan, Kec. Lakarsantri,…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi