Berita


Jumat, 22/12/2017 09:20 WIB

Kemendes PDTT Dukung Buku PSLIP Desa KI Jatim


Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) Republik Indonesia akan menindak-lanjuti kerjasama dengan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur. Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT mengatakan, kerjasama itu akan fokus pada penguatan pemerintahan desa dalam melaksanakan tugasnya sekaligus menghadapi tantangan dan tuntutan zaman.

Buku Pedoman Standar layanan Informasi Publik untuk Pemerintahan Desa (P-SLIP Desa) yang telah disusun Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, menurut dia, adalah salah satu media yang menarik dan berguna dalam meningkatkan kualitas kinerja pemerintahan desa. "Kehadiran buku ini patut diapresiasi, dan kami tertarik menggunakannya untuk program-program penguatan aparatur desa,"ujar dia.

Sanusi menambahkan, awal tahun 2018 nanti, Kemendes PDTT akan mengundang tim penyusun buku P-SLIP Desa KI Jatim untuk melakukan serangkaian diskusi demi menyempurnakan isi buku itu. "Sebelum buku itu dicetak lagi dalam jumlah banyak, substansinya agar disempurnakan sesuai dinamika regulasi dan kondisi terkini,"kata Anwar Sanusi.

Ketty Tri Setyorini, Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur mengaku siap melakukan kolaborasi dan sinergi dengan Kemendes PDTT. Menurutnya, kerjasama dengan Kemendes PDTT itu diharapkan bisa meningkatkan peran Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur memiliki keterbatasan (anggaran dan cakupan wilayah) bagi program pemerintah, khususnya terkait implementasi Undang Undang Desa. "Kami siap bersinergi dengan Kemendes PDTT,"kata dia.

Pada bulan April 2016 lalu, Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur meluncurkan
buku Pedoman Standar layanan Informasi Publik untuk Pemerintahan Desa (P-SLIP Desa). Buku sebanyak 70 halaman itu terbagi dalam empat bab yang dilengkapi karikatur menarik yakni; Mengapa Pemerintah Desa Harus Terbuka, Apa Yang Dimaksud dengan Informasi Publik, Siapa Yang Wajib Menyediakan Informasi Publik di Desa, dan Bagaimana Cara Menyediakan Layanan Informasi (*)

Keterangan foto : Dari kiri, Ketty Trisetyorini Ketua KI Prov Jatim, Mahbub Junaidi Komisioner KI Jatim, Anwar Sanusi Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, dan Mety Susanti, Bagian Penelaah dan Evaluasi Produk Hukum dan Perjanjian

 

 

 

 



Berita lainnyaindeks


Sengketa Informasi Dana Desa

Selasa, 05/06/2018 12:47 WIB

Sengketa informasi antara Pemohon Herman Wahyudi dengan Termohon 4 Pemerintahan Desa di Kabupaten…


Sengketa informasi atara Pemohon Jaka Jatim melawan Termohon Madrasah Tsanawiyah YKUI Maskumambang…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi