Berita


Rabu, 14/12/2016 00:00 WIB

KI JATIM GELAR PPID AWARD 2016


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) menggelar PPID Award 2016 Selasa (13/12) di Hotel Santika Gubeng Surabaya. PPID Award ini merupakan penganugerahan penghargaan bagi PPID di lingkungan SKPD Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa timur, dan Penyelengara Pemilu di Kabupaten-Kota se Jawa Timur.

Wakil Gubernur, Drs. H. Saifullah Yusuf  dalam sambutannya mengungkapkan, saat ini adalah era keterbukaan. Penyelenggara pemerintah harus transparan, akuntabel dan melibatkan peran serta mayarakat. “Jadi semua yang dilakukan pemerintah bisa dilihat oleh masyarakat. Ini adalah satu kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang harus direalisasikan. Bisa diibaratkan dengan aquarium, semuanya bisa dilihat dari luar oleh masyarakat,” ungkap Wagub yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Gus Ipul mengapresiasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur yang memiliki peran dan manfaat strategis dalam mendorong pemerintah untuk bisa melakukan pelayanan informasi yang terbaik bagi masyarakat. “Terima kasih kepada Komisi Informasi yang telah bekerja keras untuk memberikan terbaik bagi masyarakat. Saya berharap Komisi Informasi akan semakin bagus, sekaligus ikut menyejahterakan masyarakat dalam pemberian informasi, serta menjembatani jika ada sengketa informasi,” katanya.

Menurut Gus Ipul, Komisi Informasi memiliki peran dan manfaat strategis mendorong pemerintah untuk bisa melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat utamanya keterbukaan informasi.

Ketua KI Jatim, Ketty Tri Setyorini  mengatakan, PPID Award merupakan agenda tahunan untuk memberi masukan bagi peningkatan pelayanan informasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Namun demikian, menurut Ketty, meskipun PPID Award sudah memasuki tahun kelima, pemenangnya belum banyak perubahan. “Pemenangnya tetap yang itu-itu saja,” ungkap Ketty.

Berdasar hasil monitoring dan valuasi (monev) PPID, Komisi Informasi mengkategorikan  Sistem layanan Informasi dari kategori A, B, C, dan D. Sistem Layanan Informasi  Kategori A berarti  Sangat Terbuka, B berarti Terbuka, C berarti Cukup Terbuka, D berarti Belum Terbuka, dan E berarti Tidak Terbuka. Dalam kategori ini, Komisi Informasi memberikan penghargaan kepada Badan Publik yang termasuk kategori A dan B.

Selain kategori tersebut, KI Jatim juga memberi penghargaan khusus diantaranya Meja Layanan Informasi Terbaik, Website Paling Informatif, Kepatuhan Melaporkan Layanan Informasi, Pendorong Keterbukaan Informasi di Desa dan Pendorong Implementasi Keterbukaan Informasi Publik.

Hadir dalam acara tersebut PPID Provinsi Jawa Timur Ir. Edy Santoso, MM,  Koordinator Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Jawa Timur Dizar Al-Farizi,  PPID di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan PPID Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Timur. (RH)

Berikut ini hasil lengkap Monitoring dan Evaluasi PPID Tahun 2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Berita lainnyaindeks


Sengketa informasi BPN Surabaya I,

Selasa, 14/11/2017 13:55 WIB

Sengketa informasi antara Pemohon Sudarmono, SH dengan Termohon Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya…


Sengketa Informasi Dinas PU Sumber Daya Air

Senin, 13/11/2017 14:34 WIB

Sengketa informasi antara LSM Bongkar dengan Termohon Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur,…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi