Berita


Kamis, 01/10/2015 13:16 WIB

Forkomsos di STAIN Kediri: Apa Sih Tugas KI?


Apa sih tugas Komisi Informasi dan apa bedanya dengan Kominfo? Demikian pertanyaan sederhana, yang menggambarkan masyarakat yang masih belum faham tentang UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pertanyaan tersebut muncul dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi (Forkomsos) Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) hasil kerjasama Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri di Aula STAIN Kediri pada Rabu (30/09).

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Ketty Tri Setyorini, menjelaskan, kendatipun UU KIP sudah berjalan 5 tahun, namun masyarakat masih perlu mendapat sosialisasi agar masyarakat dapat memanfaatkan keterbukaan informasi yang telah dijamin Undang-Undang dan berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan Badan Publik. Sebelumnya, Forkomsos UU KIP, telah dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI JATIM) di beberapa kampus di Jawa Timur sejak awal 2015 antara lain di Universitas Jember, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Merdeka Madiun. “Terakhir, Forkomsos kita pilih di STAIN Kediri,” ungkap Ketty.

Lebih jauh, Ketty menjelaskan, melalui Forkomsos tersebut, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan UU KIP. Masyarakat dapat menggunakan haknya untuk mengakses informasi. Semua informasi bersifat terbuka, kecuali yang tertutup. Lho kok? Maksudnya, informasi tertutup atau informasi dikecualikan sifatnya terbatas dan harus didasarkan pertimbangan hukum. Badan Publik tidak bisa lagi menutup-nutupi informasi karena sekarang sudah era demokrasi.

Narasumber Forkomsos kali ini yaitu : 1. Dr. Nur Chamid, MM Ketua STAIN Kediri, dan 2. Dra. Isrowi Farida, MSi, Anggota Komisioner, dengan dimoderatori Mahbub Junaidi, Anggota Komisioner. Narasumber pertama, Nur Chamid, menjelaskan tentang keterbukaan informasi di lingkungan STAIN Kediri. STAIN Kediri termasuk Badan Publik yang punya kewajiban untuk memberikan layanan informasi publik.

“Salah satu konsep yang saat ini sedang menjadi mainstream dalam penyelenggaraan perguruan tinggi adalah konsep good university governance. Konsep ini sebenarnya merupakan turunan dari konsep tata kepemerintahan yang lebih umum, yaitu good governance,” jelas Chamid.  

Narasumber kedua, Isrowi Farida menjelaskan proses Penyelesaian Sengketa Informasi di Komisi Informasi. Tugas Komisi Informasi adalah menyelesaikan sengketa informasi melalui Mediasi atau Ajudikasi.  “Apa bedanya Komisi Informasi dengan Kominfo? Kalau Komisi Informasi menyelesaikan sengketa informasi, sedangkan Kominfo menyelenggarakan urusan komunikasi dan informatika,” jelas Isrowi menjawab petanyaan salah satu peserta dalam sesi diskusi.

Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, dalam menjalankan tugasnya untuk menyelesaikan sengketa informasi, tahun 2015 telah menerima permohonan sengketa informasi sebanyak 122 kasus. Dengan rincian penanganan kasus hingga akhir September 2015, Putusan Mediasi 6 kasus, putusan Ajudikasi 43 kasus, diproses 20 kasus, belum diproses 47 kasus dan dicabut 6 kasus.   

Acara Forkomsos yang diikuti oleh 100 lebih peserta yang berasal dari berbagai jurusan di STAIN Kediri, berjalan cukup menarik, karena peserta tampak aktif dalam sesi tanya jawab hingga berakhir sekitar pokul 13.00 WIB. (RH)

 

 

 



Berita lainnyaindeks


Sidang Pemeriksaan Awal Pembuktian, PN Surabaya Siap Penuhi Permintaan Pemohon


Tak Hadir Dua Kali, Permohonan Endhik Imam Sunarto Digugurkan




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi