Berita


Rabu, 16/09/2015 14:43 WIB

Kenapa Sampan Berterima Kasih kepada KI Jatim?


Keluarga Pemohon sengketa informasi, P. Sampan sekeluarga, diwakili oleh Ali Masykur, mendatangi Kantor Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Rabu (16/09) untuk menyampaikan perkembangan hasil kesepakatan mediasi. Seperti diketahui, sengketa informasi antara Pemohon Informasi Sampan sekeluarga terhadap Termohon Kepala Desa Kebakalan Kecamatan Porong Sidoarjo, telah mencapai kesepakatan damai pada 11 September yang lalu.

Kepada Komisi Informasi, diwakili Ayu Saulina dan Mahbub Junaidi, Ali menyampaikan terima kasih atas penyelesaian sengketa informasi yang telah dilakukan oleh Komisi Informasi. Menurutnya, keluarga Sampan selama ini telah lama mencari informasi terkait riwayat tanah atas nama Bapak Cokro, dan akhirnya mendapatkan informasi dan kejelasan mengenai tanah keluarganya. “Kami berterima kasih ke KI, karena telah mendapatkan informasi yang sangat kami butuhkan,” ungkap Ali.

Setelah kesepakatan mediasi yang dimediatori oleh Isrowi Farida, Termohon memberikan informasi yang dimohonkan melalui surat tertanggal 15 September 2015, yaitu : 1. Bahwa bukti salinan kepemilikan bekas tanah gogol atas nama Almarhum Bapak Cokro di dalam buku C/SURAT KEPUTUSAN GUBERNUR tanggal 9 nopember 1970, nomor I/Agr/125/XI/HM/01.G/70 tidak ada nama yang dimohon oleh Pemohon; 2. Bahwa pemilik/pemegang Surat Keputusan gubernur Jatim (SK), di Desa Kebakalan Kec. Porong sidoarjo, hampir 90 persen dinyatakan oleh pemegang tidak ada/hilang. “Jadi hampir 90 persen tanah di desa kami itu berpotensi sengketa,” cerita Ali.

Menurut Ketua Majelis Ketty Tri Setyorini, yang menangani sengketa informasi tersebut, terlaksananya kesepakatan mediasi tersebut, menunjukkan i’tikad baik dari Badan Publik dalam mewujudkan keterbukaan informasi. “Ini dapat menjadi contoh bagi yang lain. Kalau tidak melaksanakan kesepakatan, berarti Badan Publik tidak transparan,” kata Ketty. (RH)

 



Berita lainnyaindeks


Sidang Pemeriksaan Awal Pembuktian, PN Surabaya Siap Penuhi Permintaan Pemohon


Tak Hadir Dua Kali, Permohonan Endhik Imam Sunarto Digugurkan




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi