Berita


Senin, 07/09/2015 10:34 WIB

KI JATIM Kembali Gelar Monev dan Pemeringkatan PPID


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (KI Jatim) tahun ini kembali akan lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) layanan informasi publik dan Pemeringkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan SKPD Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang akan dilaksanakan mulai 8 September 2015. Ada 59 SKPD Provinsi dan 38 Kab/Kota se-Jawa Timur yang akan dilakukan penilaian.

“Masyarakat akan tahu, siapa yang terbuka dan taat terhadap Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Ini sekaligus untuk mendorong Badan Publik untuk meningkatkan kualitas layanan informasinya,” kata Ketty Tri Setyorini, Ketua KI Jatim (03/09) usai rapat persiapan Monev di kantornya.

Berdasar hasil Monev dan Pemerinkatan tahun lalu yang diumumkan dalam acara PPID Award, Badan Publik yang telah mendapat penghargaan Transparansi Anggaran antara lain Dinas Kesehatan Prov Jatim, Pemerintah Kota Blitar dan Pemerintah Kabupaten Malang.  Sedangkan penghargaan PPID Terbaik secara umum yaitu, tingkat SKPD: Dinas Kesehatan (87,93), Dinas Sosial (77,50),  Kantor Perwakilan (68,04); Tingkat Kota : Kota Surabaya (84,20), Kota Malang (82,95), Kota Blitar (75,76); Tingkat Kabupaten : Kabupaten Blitar (88,54), Kabupaten Malang (71,85), dan Kabupaten Banyuwangi (66,47).

Menurut Ketty, pelaksanaan Monev merupakan implementasi fungsi Komisi Informasi dalam menjalankan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta melaksanakan kewenangan Komisi Informasi yang diatur Pasal 37 Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik (Perki SLIP). Sedangkan Pemeringkatan, dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat PPID untuk bersaing dalam memperbaiki layanan informasi publik.

 Monev dan Pemeringkatan PPID tahun ini akan melalui beberapa tahapan yaitu : 1. Pemantauan website (8-18 Sep), 2. Penyampaian hasil sementara (28-30 Sep), 3. Layanan masa sanggah (1-9 Okt), 4. Visitasi (20 Okt – 13 Nop), 5. Rekapitulasi,  6. PPID Award/Pengumuman hasil (Des).

Meski kegiatan Monev dan Pemeringaktan merupakan kegiatan tahunan, KI Jatim tetap memberitahukan kepada Kepala Daerah/Kepala Badan/Kepala Dinas/Kepala Biro/Kepala RSUD di lingkungan Provinsi Jawa Timur, bahwa kegiatan tersebut akan segera dilakukan. “Saat ini, kami sedang mengirimkan pemberitahuan kepada seluruh Badan Publik SKPD dan Kab/Kota untuk mempersiapkan diri,” ungkap Ketty.

Berkenaan dengan hal tersebut Badan Publik diharapkan mengirimkan alamat Website, Email, No. Telpon dan Fax PPID-nya ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur melalui email monevppid@gmail.com paling lambat Rabu tanggal 10 September 2015.  

Mengenai objek penilaian website yaitu Informasi Berkala yang terdiri dari informasi mengenai Profil Badan Publik, informasi mengenai Kegiatan dan Kinerja Badan Publik, Informasi mengenai Laporan Keuangan, dan Informasi lain yang diatur perundangan. Sedangkan objek penilaian dalam visitasi yaitu informasi Tersedia setiap saat yaitu informasi yang tersedia di meja layanan informasi. (RH)

 



Berita lainnyaindeks


Sidang Pemeriksaan Awal Pembuktian, PN Surabaya Siap Penuhi Permintaan Pemohon


Tak Hadir Dua Kali, Permohonan Endhik Imam Sunarto Digugurkan




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi