Kegiatan


Rabu, 19/11/2014 17:16 WIB

Kunjungan Belajar Mahasiswa Universitas Merdeka Ponorogo


Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan belajar Mahasiswa Fakulas Hukum Universitas Merdeka Ponorogo Selasa, 11 Pebruari 2014, pukul 10.00-11.30 di Ruang Sidang Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur. Rombongan mahasiswa berjumlah 36 orang, dipimpin oleh Suyani, SH. MH Dekan Fakultas Hukum, bersama Karti Asmiati, SH. MH Pembantu Dekan I, Hafidz Syarif Rusli, S.Ag. MH Pembantu Dekan III, Nanik Karyani, SH Keuangan diterima oleh Djoko Tetuko Ketua Komisi Informasi, Imadoeddin Wakil Ketua, dan komisioner yang lain Daan R. Tanod dan Nurul Amalia.

Dalam sambutan Suyani selaku Dekan FH Unmer Ponorogo, mengungkapkan bahawa kunjungan belajar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada calon-calon sarjana hukum yang kini sudah menginjak semester akhir masa kuliahnya, mengenai Undang-Undang Keterbukaan Informasi. “Kami berharap dapat memetik pelajaran penting dari Undang-Undang KIP,” ungkapnya.

Dalam sesi paparan, Ketua Komisi Informasi dan Komisioner yang lain secara bergantian memberikan penjelasan mengenai tugas Komisi Informasi, jenis informasi publik, kewajiban Badan Publik, proses memohon informasi hingga proses terjadinya sengketa informasi di Komisi Informasi sebagaimana diatur dalam UU KIP dan peraturan terkait.

Ketua Komisi Informasi Prov Jatim, Djoko menjelaskan bahwa ada 11 jenis informasi yang wajib ditampilkan pada website sebagaimana diatur dalam Undang-Undang KIP dan Perki 1 Tahun 2010. Akan tetapi sebagian besar Badan Publik belum memenuhinya. Daan R. Tanod dan Nurul Amalia menjelaskan proses memohon informasi dan terjadinya sengketa informasi hingga proses penanganan sengketa di Komisi Informasi. Pada bagian akhir acara, Wakil Ketua, Imadoeddin menyampaikan harapannya jika ingin menjadi aktivis, jadilah aktivis yang agresif dan produktif, memberi advokasi yang benar kepada masyarakat pemohon informasi. (Rahmad)



Kegiatan lainnyaindeks


KI Jatim Gelar FGD Sikapi Permohonan Informasi yang "Menjengkelkan"


KI Jatim Latihan SIP dan SIPSI

Rabu, 19/11/2014 17:59 WIB

Komisi Informasi Prov Jatim, difasilitasi Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD),…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi