Kegiatan


Rabu, 19/11/2014 16:44 WIB

KI Jatim Susun Pedoman Beracara


Dalam rangka menjaga pelaksanaan proses sengketa informasi publik sesuai dengan semangat dan roh UU Keterbukaan Informasi Publik, maka Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) bersama Pattiro menginisiasi pembuatan Pedoman Teknis Administrasi dan Beracara Komisi Informasi (PTABKI). Pembahasan final pedoman tersebut telah dilaksanakan dalam gelaran Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Alila Jakarta, (20/1).

Garis Besar PTABKI disesuaikan dengan kebutuhan dan untuk menjaga citra KI dalam menerima, memeriksa, dan memutus sengketa informasi. Dalam pedoman telah ditetapkan lima pedoman pokok, yakni 1. Pra-sidang (Kinerja Komisioner dan Panitera/Panitera Pengganti); 2. Sidang Komisi Informasi dengan agenda Pemeriksaan Pendahuluan (Pemeriksaan Awal); 3. Mediasi; 4. Sidang Ajudikasi (Pembuktian sampai Putusan ); 5. Pasca-putusan.

Karena semangatnya melahirkan dasar hukum dalam Penyelesaian Sengketa Informasi Publik (PPSIP), maka kekurangan di UU KIP dan di Perki yang telah ada, termasuk tidak termuatnya teks sumpah, janji, dan lain-lainnya, disempurnakan di pedoman. Demikian juga masalah-masalah teknis seperti penetapan hakim tunggal dalam sidang awal, mediator dipilih dari anggota Majelis Komisioner (MK) melalui penetapan Ketua MK, menyempurnakaan Putusan Sela, menentukan Badan Publik sesuai tempat (locus), serta penyerahan alat-alat bukti bermaterai.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua KI Provinsi Jawa Timur Joko Tetuko dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Hadi Subhan (Akademisi Unair), Bambang (Mahkamah Agung), beberapa Komisioner KI Provinsi seperti Juniardi (Lampung), Lilik Rukitasari (Kaltim), Dewi Amanatun Suryani (DI Yogyakarta), Amas Tadjuddin HS (Banten), Budi Yoga Permana (Jawa barat), Siti Mariam (DKI Jakarta), dan seluruh KI Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan dari KI Pusat, karena pada hari tersebut tengah menangani tujuh sengketa, hanya mengirimkan tiga Komisioner yakni John Fresly (Wakil Ketua), Henny S Widyaningsih, dan Yhannu Setiawan. Ketua KI Pusat Abdulhamid Dipopramono hadir sore hari saat acara FGD sudah selesai dan menyambung diskusi secara informal bersama Joko Tetuko dan John Fresly. Dalam kesempatan tersebut Hamid menyampaikan rasa terima kasih kepada Joko dan KI Jatim karena PTABKI juga akan sangat membantu tugas-tugas KI Pusat.

Sumber : http://komisiinformasi.go.id/news/view/pattiro-ki-jatim-susun-pedoman-beracara



Kegiatan lainnyaindeks


KI Jatim Gelar FGD Sikapi Permohonan Informasi yang "Menjengkelkan"


KI Jatim Latihan SIP dan SIPSI

Rabu, 19/11/2014 17:59 WIB

Komisi Informasi Prov Jatim, difasilitasi Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD),…




Jadwal kegiatan lainnyaindeks

Peluncuran Buku Pedoman SLIP-Desa
Rabu, 20/04/2016 09:00 WIB - Rabu, 20/04/2016 13:00 WIB
Gedung Kominfo Jl Ahmad Yani 242 - 244, Surabaya

Penyelesaian Sengketa Informasi

Generic placeholder image
Mekanisme
Tatacara dan alur pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Daftar Kasus
Kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani
Generic placeholder image
Pengajuan Sengketa Informasi
Form pengajuan sengketa informasi
Generic placeholder image
Laporan Sengketa Informasi
Laporan kinerja Komisi Informasi